Korban Tewas Kebakaran Kapal Tanker di Belawan Bertambah Jadi 6 Orang

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Selasa 12 Mei 2020 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 608 2212862 korban-tewas-kebakaran-kapal-tanker-di-belawan-bertambah-jadi-6-orang-9oWWCGjuB7.jpeg Wakil Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Medan, AKBP Zulkhairi (foto: Okezone.com/Wahyudi)

MEDAN – Jumlah korban tewas akibat kebakaran kapal tanker MT JAG Leela bertambah menjadi enam orang. Keenam jenazah itu kini sudah berada di Rumah Sakit Bhayangkara Medan untuk keperluan identifikasi.

Wakil Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Medan, AKBP Zulkhairi menyebutkan, keenam jenazah tiba di rumah sakit tersebut dalam dua hari terakhir. Dari keenam jenazah itu, satu dalam keadaan utuh dan lima lainnya dalam keadaan sulit dikenali.

“Sejauh ini sudah ada enam jenazah yang masuk. Untuk identifikasi belum ada. Masih dalam proses. Belum ada yang dirilis,” kata Zulkhairi di RS Bhayangkara Medan, Selasa (12/5/2020).

 Baca juga: 5 Korban Kebakaran Kapal Tanker di Pelabuhan Belawan Menjalani Operasi

Kapal Terbakar di Belawan

Zulkhairi menyebutkan, pihaknya belum mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses identifikasi para korban.

“Yang utuh mungkin bisa lebih cepat (identifikasinya). Namun untuk yang tidak utuh, butuh pemeriksaan lebih jauh bahkan sampai pemeriksaan DNA (deoxyribonucleic acid),” tukasnya.

 Baca juga: Kesaksian Korban Selamat dari Kebakaran Kapal Tanker di Belawan

Untuk kepentingan identifikasi, sambung Zulkhairi, mereka kini telah membuka posko ante mortem dan post mortem. Ia pun meminta agar masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya sehubungan dengan insiden kebakaran itu, untuk melapor ke posko tersebut.

“Segera melapor ke kita dengan membawa data-data pendukung. Seperti rekaman sidik jari korban, ijazah atau KTP yang ada sidik jarinya. Atau membawa rekam gigi korban. Itu semua akan membantu proses identifikasi menjadi lebih cepat,” tandasnya.

Selain korban meninggal, ada sebanyak 22 orang lainnya yang juga mengalami luka-luka akibat kebakaran itu. Korban luka kini sudah mendapatkan dirawat di dua rumah sakit di kawasan Belawan. Yakni Rumah Sakit Prima Husada Cipta (PHC) Belawan dan Rumah Sakit TNI AU Belawan.

Untuk diketahui, kapal tanker MT JAG Leela terbakar pada Senin, 11 Mei 2020 sekitar pukul 08.30 WIB. Kapal sepanjang 250 meter itu terbakar saat ditambatkan untuk perawatan (docking) di galangan kapal milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard di Pelabuhan Belawan.

Saat kebakaran, ratusan orang pekera dikabarkan tengah berada di atas kapal untuk melakukan perbaikan. Sebagian dari mereka berhasil menyelamatkan diri. Bahkan ada pekerja yang harus melompat ke laut untuk menghindari api.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini