12 Orang Diperiksa Terkait Kebakaran Kapal Tanker di Belawan

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Rabu 13 Mei 2020 12:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 13 608 2213356 12-orang-diperiksa-terkait-kebakaran-kapal-tanker-di-belawan-Sz7czLLowR.jpg Kapal tanker terbakar (Foto: Ist)

MEDAN - Sebanyak 12 orang saksi diperiksa terkait kebakaran kapal tanker MT JAG Leela di galangan kapal PT Waruna Nusa Sentana Shipyard di Pelabuhan Belawan pada Senin 11 Mei 2020.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Martuani Sormin menyebutkan, ke-12 orang saksi diperiksa di Polres Belawan sejak kemarin. "Iya sudah 12 orang saksi kita periksa di Polres Belawan. Sejauh ini, kita masih lidik," sebut Martuani, Rabu (13/5/2020).

Penyelidikan, kata Martuani, difokuskan untuk mengungkapkan penyebab kebakaran. Meski demikian, hingga saat ini polisi belum bisa memastikan sumber api penyebab kebakaran itu.

"Kita belum bisa melakukan pemeriksaan lapangan. Karena personel kita belum bisa masuk ke kapal akibat dinding kapal yang masih panas kemarin. Mudah-mudahan hari ini sudah bisa," tuturnya.

Baca Juga: Kapal Tanker di Belawan Terbakar saat Proses Perawatan

korban kapal terbakar Foto Ist

Martuani pun meminta pihak PT Waruna Nusa Sentana Shipyard sebagai pemilik galangan kapal, untuk kooperatif. Sehingga pengungkapan kasus kebakaran itu bisa dilakukan secara lebih cepat.

"Ya kita minta semua pihak kooperatif untuk penyelidikan ini," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, kapal tanker MT JAG Leela terbakar saat tengah ditambatkan untuk perawatan di galangan kapal milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard di Pelabuhan Belawan. Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 8:30 WIB pada Senin, 11 Mei 2020.

Akibat kebakaran itu, sebanyak 7 orang tewas. Sebanyak 22 orang korban juga mengalami luka-luka dan terpaksa dilarikan ke dua rumah sakit di kawasan Belawan. Yakni RS Prima Husada Cipta Belawan dan RS TNI-AL Belawan.

Sejumlah korban luka bahkan harus menjalani operasi akibat luka bakar yang cukup serius. Dugaan sementara, kebakaran dipicu hubungan singkat arus (korsleting) listrik di ruang mesin yang menyambar ke tanki penyimpanan bahan bakar. Namun, kebenaran pemicu kebakaran itu masih diselidiki polisi.

Baca Juga: Kapal Tongkang Terbakar di Pelabuhan Belawan Medan, Terdengar Suara Ledakan

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini