Kemlu RI Beberkan Kronologi Pelarungan Jenazah ABK WNI di Perairan Somalia

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 20 Mei 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 18 2217022 kemlu-ri-beberkan-kronologi-pelarungan-jenazah-abk-wni-di-perairan-somalia-z7DRl3DmlR.jpg Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI, Judha Nugraha. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) mengungkapkan kronologi terjadinya pelarungan jenazah anak buah kapal (ABK) WNI di perairan Somalia, yang videonya beredar di media sosial.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang beredar di media sosial Facebook memperlihatkan sejumlah orang berbicara dengan bahasa Indonesia dan bahasa Mandarin melarungkan sesosok jenazah ke laut. Berdasarkan informasi yang diperoleh Kemlu RI, video itu menunjukkan pelarungan jenazah seorang ABK WNI di kapal ikan berbendera Cina, Lu Qing Yuan Yu 623.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI, Judha Nugraha, ABK dengan inisial H itu meninggal dunia di perairan Somalia dan dilarungkan ke laut pada Januari 2020.

“Kematian almarhum terjadi 16 Januari 2020 di sekitar perairan Somalia. Saat almarhum coba dibangunkan di sudah meninggal dunia,” kata Judha pada pengarahan pers virtual, Rabu (20/5/2020).

Dia mengatakan bahwa tidak ada penjelasan mengenai penyebab kematian almarhum.

“Pada 23 Januari jenazah Almarhum H dilarung ke laut berdasarkan informasi Surat Keterangan Kematian yang diterbitkan oleh MTB, jenazah dilarung di sekitar perairan Somalia.” MTB adalah perusahaan pengirim yang memberangkatkan almarhum ke kapal Lu Qing Yuan Yu 623.

Lebih lanjut Judha mengatakan bahwa Kemlu RI tidak pernah menerima Surat Keterangan Kematian almarhum H meski pihak MTB menyatakan telah mengirimkan Surat Keterangan Kematian dan Pemakaman di laut tertanggal 23 Januari 2020 kepada Kementerian dan Lembaga terkait, yaitu Kemlu RI, Kementerian Tenaga Kerja, dan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Kemlu RI telah menindaklanjuti kasus ini dengan memfasilitasi dan melakukan pertemuan pihak-pihak serta lembaga terkait. Pihak Kemlu RI juga akan memperjuangkan pemenuhan hak-hak almarhum.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini