nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Air Laut Naik ke Daratan, Warga Pantura Subang Selamatkan Diri Khawatir Tsunami

Mulyana, Okezone · Rabu 20 Mei 2020 23:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 20 525 2217321 air-laut-naik-ke-daratan-warga-pantura-subang-selamatkan-diri-khawatir-tsunami-0cwdsU2Nxj.jpg Banjir rob di pesisir utara Kabupaten Subang, tepatnya di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon. (Foto : Ist)

SUBANG – Warga pesisir pantai utara Kabupaten Subang, Jabar, tepatnya di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, panik. Pasalnya, seusai sholat tarawih, tiba-tiba datang air kencang dan membuat air laut langsung naik ke daratan. Ratusan orang berhamburan keluar rumah. Mereka khawatir akan terjadi tsunami di perairan tersebut.

Kepanikan warga pesisir pantai utara itu terekam jelas di sejumlah akun media sosial Facebook. Dari keterangan video di medsos itu, ratusan warga mengendarai kendaraan mengarah ke wilayah Pamanukan. Mereka panik dan takut akan terjadinya tsunami.

"Kirain tsunami, ternyata air laut pasang (rob). Orang-orang sudah panik dan mengungsi ke arah Pamanukan," ujar pemilik akun Abie Mo'ore, Rabu (20/5/2020) malam.

Ketakutan warga akan tsunami juga di-posting dalam fanspage Pusaka Info. Dalam fanspage itu, disebutkan jika warga ketakutan akan terjadinya tsunami. Sebab angin datang dengan kencang lalu air laut naik ke daratan dan membanjiri pemukiman.

Namun, tak berapa lama fanspage tersebut kembali mengabarkan jika infomasi tsunami itu tidak benar. Adapun, kondisi yang sebenarnya hanyalah banjir rob. Bahkan, banjir air laut itu tak sampai satu jam. Saat ini sudah surut seiring hilangnya angin kencang tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, Darmono, membenarkan adanya kejadian air laut pasang di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon.

"Anggota kami sudah meluncur ke lokasi. Informasi dari personel yang di Legonkulon, alhamdulillah air sudah surut," ujarnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini