Calon Penumpang Sempat Menumpuk di Pintu Keberangkatan Bandara Yogyakarta, Ini Penyebabnya

Kuntadi, Koran SI · Senin 01 Juni 2020 15:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 01 510 2222855 calon-penumpang-sempat-menumpuk-di-pintu-keberangkatan-bandara-yogyakarta-ini-penyebabnya-hagRghq8fQ.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

KULONPROGO – Calon penumpang menumpuk di pintu keberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang ada di Kabupaten Kulonprogo. Kerumunan ini pun viral di media sosial, lantaran tidak ada physical distancing.

Salah seorang calon penumpang Gopi Naidu mengatakan dirinya datang dari Solo untuk mencari informasi rute penerbangan ke Malaysia. Saat tiba, kondisinya sangat ramai dan berkerumun di pintu keberangkatan sampai luar. Mereka antre untuk menjalani pengecekan dokumen.

“Antreannya panjang sampai di luar, seribuan orang mungkin,” kata Gopi, kepada wartawan Senin (1/6/2020).

Antrean ini terjadi karena keterbatasan jalur masuk bagi calon penumpang. Sementara setiap orang juga harus menunjukkan dokumen kelengkapan penerbangan dan akan dicek oleh petugas. Hal ini menjadikan penumpang berkerumun dan terjadi antrean panjang.

Dia berharap pengelola bandara untuk menambah pintu masuk keberangkatan. Selain itu petugas yang melakukan pemeriksaan juga ditambah agar pengecekan lebih cepat. Apalagi banyak yang membawa anak-anak, lansia, maupun ibu hamil. “Petugasnya harus ditambah agar masuknya lebih cepat,” tutur Gopi.

Calon penumpang yang lain, Faturohman mengaku ketika ia tiba suasananya cukup padat dan antrean sudah ada. Mereka harus antre untuk menunjukkan kelengkapan dokumen seperti KTP, tiket pesawat, surat bebas Covid-19, hingga surat tugas dan mengisi formulir riwayat perjalanan. “Dokumennya banyak harus dicek semuanya jadinya antre,” ujarnya.

Baca Juga: Pembatasan Penerbangan Diperpanjang, Ini Dokumen yang Wajib Dipenuhi Calon Penumpang 

Sementara itu Pelaksana Tugas Sementara (Pts) General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengakui sempat terjadi kerumunan massa di pintu keberangkatan. Saat itu banyak pengantar yang membaur berkumpul dengan calon penumpang sehingga menimbulkan kerumunan. Namun kejadian ini langsung bisa diatasi petugas di lapangan. “Tadi memang agak sulit dikendalikan karena pengantar ikut berkerumun,” kata Pandu.

Kerumunan ini hanya terjadi di lobi pintu keberangkatan saja. Sedangkan di dalam terminal cenderung normal dan tertib. Tidak ada kerumunan massa karena kapasitas bandara memang cukup memadai. Calon penumpang dipanggil sesuai nomor urut penerbangan. “Hari ini ada 17 penerbangan dan setiap penerbangan ada jeda waktu satu jam,” ujarnya.

Baca Juga: Jalur Puncak Diserbu Wisatawan, Banyak Pengendara Diputarbalikkan

 

(abp)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini