BMKG Temukan 8 Titik Panas yang Mulai Menyebar di NTT

Adi Rianghepat, Okezone · Kamis 11 Juni 2020 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 340 2228176 bmkg-temukan-8-titik-panas-yang-mulai-menyebar-di-ntt-R4Ph4OmS4C.jpg Ilustrasi titik panas. Foto: Okezone

KUPANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan delapan titik panas di Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT). Titik panas tersebut diketahui mulai menyebar.

BMKG Stasiun Meteorologi El Tari Kupang menjelaskan delapan titik panas tersebut terdeteksi oleh satelit terra, agua, siomi NPP, dan NOAA20.

BMKG melanjutkan, sebaran delapan titik panas itu yakni lima di Pulau Flores dan tiga sisanya di Pulau Sumba.

Lebih rinci lagi, di Kabupaten Manggarai Timur terdapat empat titik panas tepatnya di Kecamatan Sambirampas. Kemudian satu titik panas di Manggarai Barat tepatnya di Kecamatan Lembor.

Sementara tiga titik panas lagi di Pulau Sumba masing-masing dua titik panas di Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur, dan satu titik panas berada di Kecamatan Waluka, Kabupaten Sumba Barat.

BMKG akan mendeteksi anomali suhu panas dalam luasan 1 Km persegi. Pada suhu lokasi di permukaan bumi akan diobservasi 2 sampai 4 kali sehari. Pada wilayah yang tertutup awan, hotspot tak terdeteksi.

Baca Juga: Menteri LHK Pastikan Antisipasi Karhutla Tetap Prioritas di Tengah Pandemi Corona 

Kekeringan dan hembusan angin yang kencang menjadi penyebab tak langsung sebaran titik panas tersebut.

BMKG dalam rilisnya menjelaskan citra satelit hanya menilai anomali refkesifitas dan suhu sekitar yang diinterpretasikan sebagai titik panas atau hotspot.

"Penyebab anomali tersebut tak dapat kami justifikasi apakah akibat budaya bakar lahan atau sebab lainnya," demikian rilis BMKG Stasiun Meteorologi El Tari, yang ditandatangani Kepala Stasiun Agung Sudiono Abadi dan petugas Sulton Kharisma.

 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini