Peredaran Rokok, Miras dan Sex Toys Senilai Rp2,5 Miliar Berhasil Digagalkan

Azhari Sultan, Okezone · Jum'at 26 Juni 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 340 2236729 peredaran-rokok-miras-dan-sex-toys-senilai-rp2-5-miliar-berhasil-digagalkan-tMRFRJxgzd.jpg Pemusnahan rokok ilegal. Foto: Azhari

JAMBI – KPP Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Jambi di Kasang berhasil menggagalkan peredaran sex toys, rokok, dan minuman keras (miras) ilegal senilai Rp2,5 M. Barang itu pun dimusnahkan guna melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Jambi, Ardiyanto menjelaskan secara rinci, rokok yang dimusnahkan mencapai 6.177.600 batang.

Sebanyak 5.510.000 batang di antaranya merupakan pelimpahan kasus hasil operasi bersama YNI-Polri di Jambi. Kemudian 667.600 batang lainnya merupakan barang hasil penindakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Jambi.

Selanjutnya miras yang dimusnahkan terdiri dari berbagai jenis. "Total keseluruhan nilai barang yang dimusnahkan tersebut diperkirakan mencapai Rp2.590.738.333,” ujar Ardiyanto.

Dia menambahkan, selain dampak materil, peredaran barang yang dimusnahkan itu bisa menimbulkan dampak immateril berupa terganggunya st0abilitas pasar dalam negeri.

Baca Juga: Pesta Miras Oplosan, 3 Warga Malang Tewas 

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menimbulkan efek jera kepada para pelaku pelanggaran Undang-Undang Kepabeanan dan Cukai,” ucap Ardiyanto.

Sementara Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli yang hadir di acara pemusnahan mengatakan mengungkapkan peredaran barang ilegal tidaklah mudah.

"Apa yang didapat ini bukan seperti membalikan telapak tangan, tapi harus kerja keras dan kerja sama. Jangan dilihat dari penangkapannya, tapi ini wujud dari kerja keras dan kerja sama semua pihak," ujarnya.

Lalu Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Saryanto menegaskan pihaknya akan meningkatkan patroli laut dengan selalu menggelar operasi di Sumatera Selatan maupun di Jambi.

Sementara Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Edi Faryadi mengatakan, untuk menjaga negara ini tidak bisa sendiri.

"Inilah yang harus dilakukan. Kami sepakat bahwasannya akan menjaga negara Indonesia khususnya ke Provinsi Jambi dari barang ilegal, karena mereka adalah orang-orang yang merugikan negara khususnya keuangan negara," tegasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini