Tanah Turun dan Hujan Jadi Dugaan Penyebab Longsor di Palopo

Wisnu Yusep, Okezone · Minggu 28 Juni 2020 05:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 28 340 2237547 tanah-turun-dan-hujan-jadi-dugaan-penyebab-longsor-di-palopo-uCtOkd7kKq.jpg ist

JAKARTA - Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas mengungkapkan bahwa dugaan sementara penyebab terjadinya tanah longsor yang terjadi di Jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Battang Barat, Sulawesi Selatan (Sulsel), diakibatkan tanah yang sudah dari beberapa hari sebelumnya dan hujan terus-menerus di wilayah tersebut.

"Terjadinya bencana tanah longsor di jalan poros Palopo-Toraja km 24 karena dilokasi itu sudah pernah terjadi turun tanah dan karena hujan turun sepanjang hari sehingga terjadi tanah longsor," kata Alfian saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Minggu (28/6/2020).

Menurut Alfian, dalam kejadian bencana alam ini, sampai saat ini jajarannya tidak menerima adanya laporan korban jiwa atau meninggal dunia dari peristiwa tanah longsor tersebut.

"Korban jiwa atau manusia dalam kejadian tanah longsor tersebut masih nihil," ujar Alfian.

Meski bagitu, Alfian tetap menempatkan personel pengamanan untuk melakukan pengamanan di lokasi bencana alam. Lalu, membantu masyarakat korban bencana alam.

"Melakukan imbauan kepada warga masyarakat agar meninggalkan lokasi tanah longsor guna menghindari adanya longsor susulan," tutur Alfian.

Saat ini, Polisi melakukan evakuasi kepada warga masyarakat yang terjebak dalam lokasi bencana. Kemudian berkoordinasi dengan badan penanggulangan bencana alam daerah kota Palopo untuk segera mendirikan pos.

"Melakukan koordinasi dengan PU bina marga untuk segera membawa alat beratnya guna membersihkan tanah longsor yang ada dijalan," tutup Alfian.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini