Ini Jenis Sapi yang Diincar sebagai Calon Kurban Presiden Jokowi

Agung Sulistyo, iNews · Jum'at 03 Juli 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 340 2240569 ini-jenis-sapi-yang-diincar-sebagai-calon-kurban-presiden-jokowi-v62CT0FjOD.jpg Sapi Simental. Foto: iNews

TANAH DATAR – Almuhadis merupakan peternak sapi di Jorong Padang Laweh, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. Ia mengaku memiliki sapi yang pernah ditawar pemerintah guna dijadikan sebagai kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019.

Lalu apa jenis sapi tersebut? Almuhadis mengatakan sapi yang dilirik sebagai hewan kurban Jokowi berjenis Simental.

Namun saat itu, kata Almuhadis, hewan peliharaannya gagal jadi kurban Jokowi karena berat sapi Simental tersebut kalah oleh sapi asal Kabupaten Agam.

Namun pada tahun 2020 ini sapi simental milik Almuhadis kembali ditawarkan untuk menjadi sapi kurban sang presiden. Namun ia harus bersaing dengan satu ekor sapi asal Kabupaten Solok.

Baca Juga: Kurban saat Pandemi, Ini Syarat Tambahan untuk Hewan Ternak 

“Kepala dinas dari provinsi sekitar 3 minggu ke belakang sudah datang. Pas hari Senin kemarin langsung disurvei kemarin,” ujarnya pada Jumat (3/7/2020).

Menurut Almuhadis, jika berdasarkan pita ukur dengan menggunakan rumus winter, maka berat sapi miliknya mencapai 1,3 ton.

Namun saat ditimbang di timbangan miliknya yang diklaim sedang rusak, berat sapi itu hanya 1,135 ton.

Dengan sapi seberat itu, Almuhadis menawarkan harga jual sebagai kurban Presiden Jokowi, yakni Rp90 juta rupiah. “Karena sekarang beratnya 1 ton 135 Kg, maka saya minta harga Rp90 juta,” ucapnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Imbau Daerah Zona Merah Covid-19 Potong Hewan Kurban di RPH 

Meski telah dilakukan survei oleh pemerintah setempat karena memang sudah diincar, saat ini Almuhadis tengah menunggu kepastian tentang jadi-tidaknya sapi Simental miliknya dibeli.

(abp)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini