Kota Sorong Terkepung Banjir, Pasien di RSAL Dievakuasi

Chanry Andrew S, iNews · Kamis 16 Juli 2020 20:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 340 2247624 kota-sorong-terkepung-banjir-pasien-di-rsal-dievakuasi-WF9mRXeKfr.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

SORONG - Hujan deras yang melanda kota Sorong menyebabkan sejumlah wilayah dikepung Banjir setinggi pinggang orang dewasa.

Sejumlah ruas jalan di kota Sorong seperti jalan Basuki Rahmat KM. 9 dan 10 tergenang banjir. Tak terkecuali jalan Sungai Maruni KM. 10 masuk, kampung Bugis, dan belakang Mega yang selalu menjadi langganan banjir ketika diguyur hujan.

Selain itu, derasnya debit air hujan bahkan menambahkan genangan banjir hingga ke jalan Ahmad yani tepatnya depan hansen dan sejumlah pertokoan di depan masjid Al-Akbar.

Akibatnya, sejumlah kendaraan yang melintas terpaksa memutar balik arah guna menghindari genangan banjir. Tak sedikit pengguna kendaraan roda dua yang motornya tiba-tiba mogok karena nekat menerobos genangan banjir. Mereka nampak mendorong motor mereka ke tempat yang aman kemudian berusaha menyalakan kembali motornya.

Salah satu pengendara motor, Santi mengatakan, ia harus berusaha menghidupkan kembali motornya yang mogok agar bisa pulang ke rumah. Ia mengatakan, saat melintasi jalan Sungai Maruni Km. 10 masuk, tinggi air sudah mencapai paha orang dewasa.

 Banjir

“Saya tadi dari arah arteri terus keluar lewat jalan Sungai Maruni. Tiba-tiba motor saya mogok. Karena memang air sudah sampai di paha. Tapi saya nekat, akhirnya motor saya mati. Jangan lewat disitu mbak, nanti motornya mogok,“ kata Santi kepada wartawan, Kamis (16/7/2020).

Untuk memudahkan pengendara yang melintas, beberapa warga membantu pengendara roda dua yang melintas, terutama di perempatan jalan Sungai Maruni yang memiliki sebuah jembatan penghubung menuju jalan Arteri.

Tak hanya itu, wilayah Sorong Barat mulai dari depan SAGA mall hingga wilayah rufei, juga terendam banjir.

Bahkan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) yang terletak di wilayah klademak III kota Sorong juga terendam banjir seukuran pinggang orang dewasa. Sejumlah pasien pun terpaksa dikeluarkan dari dalam ruangan rawat inap.

Hingga berita ini diturunkan, langit masih tanpak gelap dan hujan gerimis masih mengguyur kota Sorong. Warga berharap pihak terkait segera turun tangan untuk mengantisipasi banjir besar ini.

Sementara itu, Walikota Sorong Lambert Jitmau yang dikonfirmasi terkait banjir besar di kota Sorong tidak dapat dihubungi. Dari informasi yang didapatkan, Walikota Sorong saat ini tengah berada di Jakarta untuk urusan dinas.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini