Helikopter Militer Kolombia Jatuh, Tewaskan 9 Tentara

Agregasi VOA, · Rabu 22 Juli 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 18 2250421 helikopter-militer-kolombia-jatuh-tewaskan-9-tentara-m1KVRbIivz.jpg Foto: Okezone.

BOGOTA - Sembilan tentara Kolombia tewas dan enam lainnya setelah sebuah helikopter militer jatuh di tenggara negara Amerika Selatan itu pada Selasa (21/7/2020). Militer Kolombia mengatakan insiden itu terjadi di tengah operasi melawan kelompok gerilyawan.

Helikopter Black Hawk yang berisi 17 orang jatuh di atas hamparan Sungai Inirida, di kawasan hutan Guaviare bagian tenggara Kolombia, demikian diwartakan VOA.

"Sayangnya, kami temukan mayat sembilan personel kami," kata seorang juru bicara militer di Twitter.

Militer tidak menyebutkan apakah helikopter tersebut jatuh atau ditembak jatuh. Tidak ada keterangan lebih jauh tentang dua tentara lainnya yang menerbangkan helikopter itu.

BACA JUGA: Damai dengan Pemerintah Kolombia, FARC Dihapus dari Daftar Teroris

Melalui Twitter, Presiden Ivan Duque menyesalkan perihal "kecelakaan," itu serta menyatakan beberapa tentara di helikopter tersebut melaksanakan "operasi untuk melawan beberapa aktivitas ilegal."

BACA JUGA: Pimpinan Pemberontak Kolombia Umumkan Perang Tiga Tahun Setelah Perjanjian Damai

Menurut pihak militer, helikopter itu mendukung serangan militer terhadap para pembangkang FARC, gerilyawan sayap kiri yang menolak menandatangani perjanjian damai yang disepakati oleh rekan-rekan mereka dengan pihak pemerintah pada 2016.

Sekira 2.300 pejuang gerilyawan yang memberontak, menurut perkiraan intelijen militer, dapat bertahan hidup dari perdagangan narkoba, penambangan ilegal dan jaringan pendukung yang luas.

Daerah itu juga dikenal sebagai wilayah tanaman obat terlarang. Kolombia merupakan penghasil utama daun koka di dunia, sumber tanaman untuk kokain.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini