Gombloh Sapi Kurban Presiden Jokowi Akan Disembelih di Istana Yogyakarta

Kuntadi, Koran SI · Sabtu 25 Juli 2020 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 510 2251858 gombloh-sapi-kurban-presiden-jokowi-akan-disembelih-di-istana-yogyakarta-Qn1bn4hrCA.jpg Gombloh, calon sapi kurban Jokowi. Foto: Kuntadi

BANTUL – Gombloh sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan disembelih di Istana Kepresidenan Yogyakarta atau dikenal dengan Gedung Agung. Rencana penyembelihan dilaksanakan pada Jumat (31/7/2020).

“Sesuai rencana akan disembelih di Gedung Agung,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan Keluatan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, beberapa waktu lalu.

Gombloh merupakan sapi jenis simental yang dibeli dari Rika Daru Effendi, warga Argomulyo, Sedayu, Bantul. Sapi ini memiliki bobot satu ton dan dibeli dengan harga Rp87 juta. Sebelum terpilih, Gombloh diperiksa oleh tim kesehatan baik dari Dinas Pertanian Bantul maupun dari sekretariat presiden.

Awalnya ada sekitar lima ekor sapi yang diajukan dan dinilai. “Sebelum dipilih, telah diperiksa dan berat badanya juga ditimbang,” katanya.

Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Dinas Pertanian Bantul meminta kepada takmir masjid dan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan. Bahkan sejumlah pedagang menawarkan paket tambahan seharga Rp500.000 untuk penyembelihan sampai dengan pengulitan hingga daging siap dibagikan.

Baca Juga:  Sapi Kurban Presiden Jokowi Diberi Obat Cacing hingga Rutin Cek Suhu Tubuh

“Itu terobosan untuk menghindari kerumunan, mencegah penularan Covid-19,” kata Joko.

Selama proses penyembelihan, Pemkab Bantul akan menurunkan tim untuk melakukan pengawasan. Setidaknya ada 200 petugas yang disiagakan untuk memantau penyembelihan di berbagai tempat. Sedangkan rumah potong hewan (RPH) milik Pemkab tidak mungkin mampu menampung seluruh hewan kurban.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beli Sapi Berbobot 1 Ton dari Peternak Bantul untuk Kurban 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini