Banjir Wajo Surut Jadi 3 Meter, Warga Masih Butuh Bantuan Sembako

Agregasi Sindonews.com, · Selasa 28 Juli 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 609 2253435 banjir-wajo-surut-jadi-3-meter-warga-masih-butuh-bantuan-sembako-lU3llTf1Dd.jpg Banjir landa Kabupaten Wajo. Foto: Amnar Sengkang

WAJO - Tujuh kecamatan di Kabupaten Wajo, Sulawesi Tenggara, di rendam banjir selama tiga pekan ini. Namun banjir tersebut sudah mulai surut.

Pada mulanya banjir di Wajo mencapai 5 hingga 7.9 meter, namun kini surut menjadi sekira 3 meter.

Untuk diketahui, banjir tersebut diakibatkan oleh meluapnya Sungai Walenae, dan Danau Tempe, menjadi ancaman serius bagi warga setempat. Bahkan, meskipun mulai surut, namun ombak danau masih memberikan ancaman terhadap permukiman.

Belasan ribu rumah warga dilaporkan terendam banjir, terancam roboh serta terseret arus danau. Sehingga masih dibutuhkan bantuan bambu untuk penyangga rumah dari derasnya arus air.

"Selain bambu untuk penyangga rumah, kami warga di sini juga membutuhkan bahan pangan (Sembako) untuk makan sehari-hari, karena aktivitas warga banyak terhenti," ujar Wardi, salah satu korban banjir sebagaimana dikutip dari Sindonews pada Selasa (28/7/2020).

Baca Juga:  Banjir Bandang di Wajo Sebabkan 50.287 Orang Krisis Makanan

Ia menjelaskan hingga sekarang warga masih kesulitan untuk melakukan aktivitas guna mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Wajo, Andi Muslihin mengatakan ketinggian di Bendung Gerak mencapai 7,6 meter. Sedangkan banjir di permukiman warga mencapai sekitar 3,3 meter. "Banjir masih merendam tujuh kecamatan, sehingga warga diimbau tetap waspada," tegasnya.

Baca Juga:  Rendam Ribuan Rumah, Banjir Dahsyat di Wajo Hampir 8 Meter

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini