Cornelis Lay Meninggal Dunia, UGM Kehilangan Sosok Guru Besar Fisipol

Agregasi Solopos, · Rabu 05 Agustus 2020 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 510 2257529 cornelis-lay-meninggal-dunia-ugm-kehilangan-sosok-guru-besar-fisipol-yIH8T6ijXP.jpg Cornelis Lay meninggal dunia (Foto: UGM)

SLEMAN – Universitas Gadjah Mada atau UGM Jogja tengah berduka. Pagi ini, Rabu (5/8/2020), Guru Besar Fisipol UGM, Prof Cornelis Lay meninggal dunia.

Kabar duka ini dibenarkan Kabag Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani. Ia sekaligus meminta doa supaya mendiang Cornelis mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan.

"UGM sedang berduka dan sangat kehilangan salah satu putra terbaik UGM, Prof. Cornelis Lay. Semangat dan pengabdian beliau selama ini untuk UGM begitu besar," kata Iva.

Baca Juga:  Gus Im, Adik Kandung Gus Dur Meninggal Dunia

Prof. Cornelis Lay mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 04.00 WIB di Rumah Sakit Panti Rapih. Dosen Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM Jogja ini meninggal dunia dalam usia 61 tahun.

Jenazah disemayamkan di rumah duka Perum Cemara Blok F-13, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Rencananya, almarhum Cornelis akan dimakamkan di kompleks permakaman UGM Sawitsari, Sleman. Sebelum itu, ia akan disemayamkan di Balairung UGM Jogja sebagai penghormatan terakhir.

Meninggalnya Cornelis Lay menyisakan duka mendalam bagi sejumlah pihak. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo hingga Presiden Jokowi mengirimkan karangan bunga ke rumah duka.

Sebagai informasi, Cornelis Lay dikukuhkan sebagai Guru Besar Fisipol UGM Jogja pada Februari 2019. Dikenal sebagai pengagum Soekarno, akademisi ini menyampaikan orasi ilmiah pengukuhan yang berjudul “Jalan Ketiga Peran Intelektual: Konvergensi Kekuasaan dan Kemanusiaan.”

Pria kelahiran Kupang, NTT, pada 6 September 1959 silam ini dikenal dekat dengan PDI Perjuangan. Ia bahkan pernah menjadi penasihat politik Megawati Soekarnoputri.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini