Share

Warga Sempat Panik Gempa Doublet Bengkulu, Ini Situasi Terkini

Demon Fajri, Okezone · Rabu 19 Agustus 2020 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 340 2264240 warga-sempat-panik-gempa-doublet-bengkulu-ini-situasi-terkini-XveNzJ10XJ.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

BENGKULU - Pascagempa bumi tektonik yang mengguncang 2 kali Provinsi Bengkulu, pada Kamis (19/8/2020), pukul 05.23 WIB, dengan Magnitudo (M) 6,9 dan gempa kedua M6,8, terjadi pada pukul 05.29 WIB, belum adanya laporan kerusakan dampak dari guncangan gempa tersebut.

Dandim 0423/BU Letkol Inf Agung Pramudyo Saksono melalui Danramil Enggano, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Kapten Chb Abu Hasan Zalili mengatakan, saat gempa terjadi di Pulau Enggano, dilanda hujan dengan intensitas sedang.

Selain itu, kata Abu, warga sempat keluar rumah. Namun, berselang beberapa menit kemudian warga kembali ke dalam rumah.

''Saat gempa pukul 05.23 WIB dan pukul 05.29 WIB di Enggano dilanda hujan deras, warga sempat keluar rumah. Saat ini sudah kembali ke dalam rumah,'' kata Abu, saat dikonfirmasi Okezone, Kamis (19/8/2020).

Baca Juga: BMKG Ungkap Pemicu Gempa 'Doublet' di Bengkulu

Paska gempa M6,9 dan M6,8, kata Abu, belum adanya laporan kerusakan bangunan. Baik bangunan sarana pendidikan, kesehatan, maupun perkantoran. Begitu juga bangunan rumah penduduk.

Belum adanya laporan kerusakan tersebut, terang Abu, diketuahi melalui sambungan telepon. Sebab, kata Abu, untuk pengecekan ke lokasi belum dapat dilakukan lantaran saat ini di Pulau Enggano masih dilanda hujan dengan intensitas sedang.

''Belum ada laporan kerusakan, di Enggano masih dilnada hujan deras (Ientensitas sedang),'' jelas Abu.

Untuk jaringan telekomunikasi, sambung Abu, masih lancar dan tidak adanya gangguan. Baik itu sambungan telepon maupun Short Message Service (SMS). Selain itu, terang Abu,untuk saat ini tidak ada warga yang mengungsi akibat gempa M=6,9 dan M=6,8.

''Jaringan telekomunikasi masih aman. Tidak ada yang mengungsi,'' ujar Abu.

Sementara itu, Camat Enggano Marlansius mengatakan, kondisi di Enggano, aman dan kondusif.

''Aman dan kondusif,'' singkat Marlansius, saat dikonfirmasi Okezone. (kha)

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini