Terekam CCTV, Ini Detik-Detik Gempa Doublet di Bengkulu

Demon Fajri, Okezone · Rabu 19 Agustus 2020 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 340 2264543 begini-detik-detik-gempa-doublet-di-bengkulu-yang-terekam-cctv-pFCpX6yg4i.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

BENGKULU - Gempa doublet mengguncang Provinsi Bengkulu, pada Rabu (19/9/2020), pagi. Gempa pertama parameter awal dengan magnitudo M=6.9 yang kemudian diupdate menjadi Mw=6.6.

Sementara, gempa kedua dengan parameter awal Magnitudo M=6.8 yang kemudian diupdate menjadi Mw=6.7, sempat membuat panik jamaah Masjid Taqwa, Kelurahan Jembatan Kecil, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu.

Baca juga:  BMKG Ungkap Pemicu Gempa 'Doublet' di Bengkulu

Dalam rekaman Closed Circuit Television (CCTV) berdurasi 27 detik itu jamaah masjid baru selesai menunaikan ibadah sholat Subuh, dan sedang berdzikir. Seketika itu jamaah masjid langsung berhamburan keluar dari dalam masjid.

Usai gempa pertama, jamaah kembali ke dalam masjid guna melanjutkan dzikir dan doa. Namun, ketika doa sedang berlangsung warga kembali keluar dari dalam masjid, lantaran adanya gempa susulan kedua.

 Baca juga: Pascagempa Gempa Doublet di Bengkulu, Warga Masih Waswas Gempa Susulan

Salah satu Jamaah Masjid Taqwa, Kecamatan Singatan Pati, Kota Bengkulu, Siti Fadillah mengatakan, saat gempa pertama terjadi jamaah masjid baru saja usai menunaikan ibadah sholat Subuh dan sedang berdzikir dan berdoa.

''Kami langsung keluar dari masjid saat gempa pertama. Lalu kembali masuk ke dalam masjid untuk melanjutkan dzikir dan berdoa. Namun, gempa kedua kembali terjadi saat berdoa. jamaah masjid pun kembali keluar dan langsung pulang ke rumah masing-masing,'' cerita Siti, kepada Okezone, Rabu (19/8/2020).

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini