Umumkan Pengunduran Diri, Shinzo Abe Minta Maaf pada Rakyat Jepang

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 28 Agustus 2020 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 18 2269112 umumkan-pengunduran-diri-shinzo-abe-minta-maaf-pada-rakyat-jepang-nDobTi3PDP.jpg Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (Foto: Kyodo)

TOKYO - Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemimpin negara ekonomi ketiga terbesar di dunia itu pada Jumat (28/8/2020). Pengunduran Abe, yang merupakan PM Jepang dengan masa jabatan terlama, dikarenakan masalah kesehatan yang dialaminya.

“Saya telah memutuskan bahwa saya akan mundur sebagai perdana menteri, dengan keyakinan bahwa saya tidak dapat terus menjadi perdana menteri jika saya tidak memiliki kepercayaan bahwa saya dapat melaksanakan pekerjaan yang dipercayakan kepada saya oleh rakyat,” kata Abe dalam konferensi pers sebagaimana dilansir Reuters.

BACA JUGA: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri

Pria berusia 65 tahun itu mengatakan dia telah memutuskan untuk mundur sekarang untuk menghindari kekosongan politik saat negara itu menghadapi wabah virus corona baru.

“Saya mohon maaf dari lubuk hati saya yang paling dalam bahwa terlepas dari semua dukungan dari orang Jepang, saya meninggalkan posisi tersebut dengan sisa satu tahun penuh dalam masa jabatan saya dan di tengah berbagai kebijakan dan virus corona,” kata Abe.

Ini adalah kedua kalinya Abe mengundurkan diri sebagai perdana menteri karena kondisi kesehatan yang buruk. Sebelumnya, dia juga mengundurkan diri pada 2007 setelah satu tahun menjabat sebagai perdana menteri, karena sakit.

BACA JUGA: PM Jepang Shinzo Abe Batuk-Batuk saat Pidato

Abe telah berjuang melawan penyakit kolitis ulserativa selama bertahun-tahun. Dua kunjungannya ke rumah sakit dalam sepekan baru-baru ini telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah dia dapat tetap bekerja sampai akhir masa jabatannya sebagai pemimpin partai yang berkuasa dan sebagai perdana menteri hingga September 2021.

Pengunduran diri Abe akan memicu perlombaan kepemimpinan di Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa, yang pemenangnya akan dipilih secara resmi di parlemen dalam dua atau tiga pekan mendatang. Pimpinan partai yang baru akan menjabat sebagai perdana menteri Jepang selama sisa masa jabatan Abe.

Media melaporkan bahwa mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba dan mantan Menteri Luar Negeri Fumio Kishida telah menyatakan minat akan posisi orang nomor satu Jepang itu. Ajudan Abe, Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga juga berada di antara nama-nama yang dimunculkan sebagai calon pengisi posisi perdana menteri.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini