Hendak Beli Motor dan HP, Seorang Remaja Gasak Uang Kotak Amal di Masjid

Azhari Sultan, Okezone · Rabu 23 September 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 340 2282271 hendak-beli-motor-dan-hp-seorang-remaja-gasak-uang-kotak-amal-di-masjid-gXioKA6vmI.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

JAMBI - Seorang remaja berinisial RW (15) warga Danau Sipin, Kota Jambi nekat mencuri isi kotak amal di masjid. Ironisnya hasil uang tersebut hendak digunakan hanya untuk membeli motor dan HP.

Kapolsek Kota Baru AKP Afrito Marbaro Macan mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara, pelaku ini mengaku telah dua kali menjalankan aksinya.

Pada aksi kedua pelaku apes sehingga berhasil dicokok petugas, usai polisi mendapatkan pelaku terekam CCTV milik masjid

"Pertama, yakni di masjid yang berada dikawasan Bagan Pete, Kotabaru, pelaku berhasil membawa kabur uang sekira Rp3,5 juta," ujarnya, Selasa (22/9/2020).

Kemudian aksi kedua di masjid yang berada dikawasan RT 11, Beliung, Alam Barajo, Kota Jambi, pada Selasa (15/9/2020) dengan kerugian sebesar Rp4,5 juta.

Untuk menjalankan aksinya, lanjut Afrito, pelaku berpura-pura mengikuti ibadah sholat berjamaah ketika kondisi masjid sepi. Melihat ada kesempatan untuk beraksi, pelaku langsung menyikat uang di kotak amal.

"Pelaku memanfaatkan tubuhnya yang kecil sehingga tidak dicurigai jamaah. Dia gunakan besi untuk merusak kotak amal milik masjid," ungkap Afrito.

"Untuk TKP pertama, uangnya sudah digunakan untuk membeli barang pribadi, sementara untuk yang terakhir, belum sempat digunakan karena keburu tertangkap," tukas Afrito.

Baca Juga: Viral Maling Curi Kotak Amal di Masjid Jami Teluk Tiram Banjarmasin

Dia mengatakan, pelaku langsung diciduk Unit Reskrim Polsek Kotabaru yang dipimpin langsung oleh Ipda Rizky M Ramadhan, beberapa saat setelah menjalankan aksinya, Selasa (15/9/2020) lalu.

Sementara itu kepada petugas, pelaku mengaku menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya. "Saya khilaf pak, saya menyesal," katanya singkat, saat ditanyai Afrito.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini RW harus mendekam dibalik jeruji besi Mapolsek Kotabaru.

Tidak hanya itu, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman penjara maksimal 7 tahun.

Baca Juga: Aksi Heroik Marbut Masjid Viral, Maling Kotak Amal Dibuat Tak Berkutik

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini