Jajak Pendapat Pascadebat CNN, 62% Pengamat Sebut Biden Menang Atas Trump

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 30 September 2020 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 18 2286116 jajak-pendapat-pascadebat-cnn-62-pengamat-sebut-biden-menang-atas-trump-sy9VZsWZzU.jpg Foto: CSPAN.

CLEVELAND – Jajak pendapat CNN pasca debat calon presiden Amerika Serikat (AS) pada Selasa (29/9/2020) menunjukkan 62% pengamat melihat mantan Wakil Presiden Joe Biden sebagai pemenangnya.

Menurut hasil jajak pendapat yang dilakukan SSRS tersebut, hanya 28% pengamat yang melihat Trump sebagai kandidat yang unggul dalam debat yang digelar di Case Western University, Cleveland, Ohio itu.

BACA JUGA: Trump dan Biden Tak Jabat Tangan di Debat Perdana

Hasil itu berbeda jauh dari jajak pendapat, dengan pemilih yang sama, yang digelar sebelum debat, di mana 56% pengamat memperkirakan Biden akan keluar sebagai pemenang, dan 43% melihat Trump keluar sebagai pihak yang akan unggul.

Sekira dua pertiga pengamat mengatakan jawaban Biden lebih jujur daripada Trump (65% Biden berbanding hingga 29% Trump). Biden juga dianggap melayangkan serangan yang lebih “adil” terhadap Trump, sementara hanya 32% yang mengatakan serangan Trump terhadap Biden “adil”.

Menurut CNN, jajak pendapat ini dirancang untuk mewakili para pemilih terdaftar yang menonton debat pada Selasa dan tidak mewakili pandangan semua orang Amerika.

BACA JUGA: Debat Perdana Calon Presiden AS, Biden Sebut Trump 'Badut'

Para pemilih yang menonton debat lebih partisan daripada warga Amerika secara keseluruhan, dengan 36% diidentifikasi sebagai independen atau non-partisan. CNN juga mencatat bahwa kelompok pengamat debat lebih banyak condong ke Partai Demokrat dengan 39% mengidentifikasi diri mereka sebagai Demokrat dan 25% sebagai Republikan.

Jajak pendapat pasca-debat ini dilakukan oleh SSRS melalui telepon dan mencakup wawancara dengan 568 pemilih terdaftar yang menonton debat pada 29 September. Hasil di antara pengamat debat memiliki margin kesalahan pengambilan sampel plus atau minus 6,3 poin persentase.

Hasil pasca-debat hampir sama dengan hasil polling pasca-debat pada 2016 setelah debat pertama antara Trump dan Hillary Clinton. Dalam jajak pendapat itu, 62% berpendapat Clinton memenangkan debat, 27% mengatakan Trump menang.

Trump dan Biden masih akan berhadapan dalam dua debat calon presiden AS berikutnya, yang akan digelar pada 15 Oktober di Miami, Florida dan pada 22 Oktober di Nashville. Tennessee. Pemungutan suara pada 3 November 2020 akan menentukan siapa yang duduk di Gedung Putih sebagai Presiden AS berikutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini