Hujan Deras Sebabkan Pergerakan Tanah dan Longsor di Kuningan

Fathnur Rohman, Okezone · Minggu 04 Oktober 2020 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 04 525 2288261 hujan-deras-sebabkan-pergerakan-tanah-dan-longsor-di-kuningan-kmjgdMKIgM.jpg Fenomena pergerakan tanah. (Foto: Dok BPBD Kab. Kuningan)

KUNINGAN - Sedikitnya empat rumah di Desa Pamulihan, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, rusak akibat fenomena pergerakan tanah, yang terjadi pukul 05.00 WIB, Minggu (4/10/2020).

Peristiwa ini disebabkan oleh hujan deras di wilayah Kecamatan Subang, sejak Sabtu kemarin. Akibat kejadian ini, 18 warga terpaksa mengungsi.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu mengatakan, adaempat rumah di Desa Pamulihan mengalami kerusakan. Sedangkan 18 warga sudah diungsikan ke tempat yang aman.

Pihaknya telah mnerjunkan tim untuk melaksanakan kaji cepat dan assesmen data, demi mendapatkan informasi yang lebih akurat.

"Ada empat rumah rusak ringan akibat pergerakan tanah. Kita sudah terjunkan tim untuk melaksanakan kaji cepat dan assesmen untuk mendapatkan informasi yang lebih detail," kata Indra dalam keterangan yang diterima Okezone, Minggu (4/10/2020).

Foto: BPBD Kuningan.

Indra melanjutkan, di waktu yang sama juga terjadi tanah longsor yang mengakibatkan putusnya akses jalan penghubung di Desa Jatisari, Kecamatan Subang. "Jalan penghubung dua dusun di Desa Jatisari Subang putus karena longsor," ujarnya.

Baca juga: Fenomena La Nina Muncul di Pasifik, BMKG Minta Warga Waspada Banjir dan Longsor

Pihaknya, sambung Indra, sudah datang ke lokasi kejadian untuk meninjau langsung kondisi jalan yang putus akibat longsor. Putusnya akses jalan ini juga mengganggu aktivitas warga.

Warga yang hendak bepergian untuk sementara waktu harus melalui jalan alternatif. Selain itu, dibuatkan juga akses darurat supaya bisa dilalui kendaraan roda dua.

"Sementara telah dibuat akses jalan darurat agar bisa dilalui kendaraan roda dua. Roda empat belum bisa lewat," ucap dia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini