Tabung Nitrogen Meledak di Pontianak, Puluhan Rumah Warga Rusak

Ade Putra, Okezone · Senin 05 Oktober 2020 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 340 2288617 tabung-nitrogen-meledak-di-pontianak-puluhan-rumah-warga-rusak-TbEtl5yNm8.jpg Tabung nitrogen meledak di Pontianak. Foto: Ade Putra

PONTIANAK - Tabung storage nitrogen liquid di Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, meledak pada Senin 5 Oktober 2020 pukul 03.00 Wib. Puluhan rumah warga rusak dan pencemaran lingkungan akibat insiden ini.

Senin pagi tim Inafis Polresta Pontianak dan Polsek Pontianak Utara melakukan identifikasi di lokasi kejadian. Kanit Reskrim Polsek Pontianak Utara, Ipda Hasan Abdulla menerangkan ledakan terjadi pada pukul 03.00 Senin dini hari.

"Penyebab ledakan dari tabung storage nitrogen liquid masih dilakukan penyelidikan baik dari Polsek maupun Polresta Pontianak," jelasnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Untuk korban jiwa, saat ini belum ada laporan. Kerugian materiil pun sedang dalam perhitungan. "Yang jelas ini masih dalam penyelidikan," tutupnya.

Sementara itu informasi yang dihimpun di lapangan, suara ledakan sangat nyaring. Bahkan sampai ke kabupaten sebelah yang jaraknya puluhan kilo meter. "Tadi malam suaranya sampai ke Pulau Limbung," tutur Ricky kepada Okezone.

Meski tak ada korban jiwa, pihak perusahaan tetap melakukan ganti rugi terhadap warga yang terdampak. Baik pemulihan kondisi akibat debu yang berterbangan pasca ledakan, juga termasuk perbaikan rumah yang rusak akibat kejadian ini.

Baca Juga: Berita Baik, 84 Warga yang Hilang di Hutan Kamang Akhirnya Ditemukan

"Perusahaan sudah dihubungi, katanya mau ganti rugi rumah yang rusak. Penyemprotan lingkungan yang terkena debu akibat ledakan dan membagikan masker," ujar Ketua RT setempat, Indrasafitri.

Ia saat ini sedang didata rumah warga yang terdampak. Perkiraan sementara, ada sekitar 30-40 rumah mengalami kerusakan di dua RT yang terdekat dari sumber ledakan.

"Kami masih mendata. Yang jelas air tidak bisa digunakan. Karena terkena debu ledakan. Banyak yang sesak nafas di sini," katanya.

Baca Juga: Bengkel Las Meledak, 3 Orang Pekerja Tewas Mengenaskan 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini