Polda Papua Pastikan Video Polisi Gabung OPM Hoaks

Puteranegara Batubara, Okezone · Minggu 11 Oktober 2020 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 11 340 2291873 polda-papua-pastikan-video-polisi-gabung-opm-hoaks-F4DyWIG0nF.jpg Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal. (Foto : Sindonews)

JAKARTA – Polda Papua memastikan video yang menampilkan seorang anggota polisi bergabung dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) adalah informasi bohong atau hoaks.

"Beredarnya postingan video di media sosial yang menampilkan seorang anggota Polri bernama Andi JR putra asli Papua dari Kabupaten Yahukimo yang menyatakan dirinya bersedia tergabung dalam TPNPB – OPM itu tidak benar atau hoaks," ujar Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Minggu (11/10/2020).

Kamal mengatakan pakaian dinas milik Briptu Andi JR dalam video tersebut merupakan pakaian yang dipinjamkan pada 12 Agustus kepada anak sekolah untuk digunakan karnaval dalam rangka HUT RI, tapi belum dikembalikan sampai saat ini.

"Anggota tersebut sudah pernah mencari dan mengecek ke tempat sekolah, namun murid yang meminjam sudah tidak sekolah lagi," ujar Kamal.

Saat ini, Polda Papua melalui Tim Siber Dit Reskrimsus Polda Papua masih melakukan penyelidikan terkait pelaku yang membuat dan menyebarkan video tersebut.

Baca Juga : Menyerahkan Diri, Seorang Anggota KKB Papua Kembali ke Pangkuan NKRI

"Diimbau kepada seluruh masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial dan tidak mudah percaya dengan posting-an/berita yang belum tentu kebenarannya. Jika menerima sebuah informasi/berita agar dicek sumbernya hingga tidak menjadi sumber keresahan di tengah-tengah masyarakat," tutur Kamal.

Baca Juga : 4 Tokoh OPM yang Tewas di Tangan TNI-Polri

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini