Kecam Pernyataan Macron yang Hina Islam, Kemlu RI Panggil Dubes Prancis

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 27 Oktober 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 18 2300481 kecam-pernyataan-macron-yang-hina-islam-kemlu-ri-panggil-dubes-prancis-8J6GOlVGFl.jpg Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah. (Foto: Dok. Kemlu RI)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia pada Selasa (27/10/2020) menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap telah menghina Islam.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah mengonfirmasi bahwa Kemlu RI duta besar Prancis untuk Indonesia guna menyampaikan sikap pemerintah tersebut.

BACA JUGA:  Negara Arab Serukan Boikot Produk Prancis Terkait Kartun Nabi Muhammad

"Pertama Kemlu telah memanggil duta besar Prancis pada hari ini," jelas Teuku Faizasyah saat dihubungi Okezone, Selasa.

"Kedua, Kemlu, dalam pertemuan tersebut menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam."

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pernyatan Presiden Prancis Emmanuel Macron terkait ekstremisme Islam telah menuai reaksi keras dari berbagai negara, terutama negara Arab dan negara mayoritas Islam.

BACA JUGA: Puluhan Ribu Orang Gelar Demonstrasi Anti-Prancis di Bangladesh

Macron dianggap telah menghina Islam dan membela penerbitan kartun Nabi Muhammad yang kontroversial.

Sejumlah negara telah menyampaikan kecamannya atas pernyataan Macron tersebut, sementara aksi boikot produk Prancis telah diserukan di beberapa negara termasuk Kuwait, Qatar dan Turki.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini