Diguyur Hujan Deras, Kabupaten Agam Dilanda Longsor

Rus Akbar, Okezone · Sabtu 31 Oktober 2020 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 340 2302113 diguyur-hujan-deras-kabupaten-agam-dilanda-longsor-LyO6Re0K5e.jpg Longsor di Kabupaten Agam (foto: Dok BPBD)

PADANG - Curah hujan yang tinggi di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat berdampak longsor di empat titik, pada pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Kabupaten Agam, empat titik longsor terjadi di Jorong Tanjung Alai, Nagari Koto Malintang, dampak yang ditimbulkan longsor tersebut adalah material tanah dan pohon menutupi ruas jalan provinsi Manggopoh Padang Lua, tepatnya di Tanjung Alai dengan ketinggian 15 meter, tumpukan tanah 1 sampai 1,5 meter.

Akibat longsor, akses jalan hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dengan sistem buka tutup dan roda empat tidak dapat melewati ruas jalan tersebut.

“Saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Pusdalops sudah meninjau lokasi untuk melakukan pendataan dengan melakukan koordinasi dengan Camat Tanjung Raya, Walinagari, kemudian melakukan pembersihan secara manual material pohon dan lumpur untuk akses sementara kendaraan roda baru bisa lewat,” ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Agam, Syafrizal, Sabtu (31/10/2020)

 Longsor di Agam

Kemudian tanah longsor juga terjadi di Anak Aia, Jorong Muko-Muko, Nagari Koto Malintang, dampak yang ditimbulkan material tanah dan pohon, menutupi ruas jalan Muko-Muko menuju Sigiran sepanjang 20 meter.

“Jalan hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dengan sistem buka tutup,” kata Syafrizal.

Longsor juga terjadi di Jorong Pantas, Nagari Tanjung Sani, longsor di lokasi ini ada dua titik, material tanah longsor masuk ke dalam dua unit rumah milik Beni Harianto (45) dan rumah Safri (64), selain itu material lumpur juga menggenangi jalan sepanjang 25 meter.

Longsor keempat terjadi di Jorong Sungai Tampang, Nagari Tanjung Sani, dimana material tanah longsor berupa batu, lumpur dan pohon menutup ruas jalan sepanjang 25 meter.

“Selain longsor juga terjadi luapan air di Jorong Galapung Tampang, Nagari Tanjung Sani air menggenangi ruas jalan, saat ini tim bersama masyarakat sedang berupaya membersihkan material,” tutupnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini