Ribuan Pelayat Lepas Almarhum Ki Seno Nugroho

Kuntadi, Koran SI · Rabu 04 November 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 510 2304062 ribuan-pelayat-lepas-almarhum-ki-seno-nugroho-TSTFxyFl2r.jpg Prosesi pemakaman Ki Seno Nugroho (Foto: Kuntadi)

BANTUL – Ribuan pelayat menghadiri upacara pemakaman dalang kondang Ki Seno Nugroho di rumah duka, di Gayam, Argosari, Sedayu, Bantul. Tidak sedikit yang menitikkan air mata dan menahan isak tangis, ketika peti mati diangkat menuju mobil ambulans sebelum dimakamkan di TPU Semaki Gede, Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (4/11/2020).

Sejak pagi para pelayat ini sudah berdatangan ke rumah duka untuk ikut mengucapkan bela sungkawa. Puluhan karangan bunga dari sejumlah bupati, perusahaan, akademisi, kampus seniman dan politisi berjejar menuju ke rumah duka.

Proses pemakaman ini diiringi dengan gending Jawa yang ditabuh sejumlah penglaras. Saat ini, jenazah almarhum yang berada dalam peti diangkat oleh kerabatnya. Sementara keluarga almarhum melakukan tradisi tlusupan.

“Kami para seniman sangat kehilangan sosok almarhum,” kata wakil Sneiman, Sutedjo dalam melepas almarhum.

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Dalang Ki Seno Alami Nyeri Dada saat Bersepeda

Ki Seno merupakan dalang dari trah Jayeng. Selama ini dikenal trah ini banyak dikenal dari Kentungan, Ngentak, Mejing dan Bener. Tidak hanya itu, almarhum merupakan trah kedua dari Trah Cermo dan ketika dari Trah Gidho.

Menurutnya, dalang di Yogyakarta sangat mencintai almarhum. Mereka tidak ada yang iri dengan kepopuleran almarhum. Namun, takdir tidak bisa dihindari, dan akan menimpa siapapun.

“Kita tidak bisa memungkiri adanya apes sampai pupus. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik,” kata penasihat Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) DIY ini.

Dalam pemakaman ini, ikut dibawa dua tokoh wayang andalan almarhum, yakni Bagong dan Werkudoro. Para seniman siap melajutkan perjuangan almarhum dalam melestraikan seni budaya. Baik itu seno pewayangan mapun karawitan.

Baca Juga: Mengenang Sosok Dalang Ki Seno dari Cerita Teman Kos

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini