Menteri Luar Negeri Suriah, Walid Al-Moalem Meninggal Dunia

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 16 November 2020 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 18 2310364 menteri-luar-negeri-suriah-walid-al-moalem-meninggal-dunia-zOMWwJVzN4.jpg Mendiang Menteri Luar Negeri Suriah, Walid Al-Moalem. (Foto: Reuters)

KAIRO – Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moalem meninggal dunia pada Senin (16/11/2020), demikian diumumkan pemerintah.

Tidak ada rincian tentang penyebab kematiannya, tetapi pria berusia 79 tahun itu telah bergulat dengan kesehatan yang buruk dan masalah jantung selama bertahun-tahun.

BACA JUGA: Serangan Udara Rusia di Suriah Tewaskan 78 Milisi Sekutu Turki

Sebuah sumber yang dekat dengan pemerintah Suriah mengatakan Wakil Menteri Luar Negeri Faisal Mekdad, seorang diplomat veteran, diperkirakan akan menggantikan posisi Moalem.

Moalem yang pertama kali diangkat sebagai menteri luar negeri pada 2006 juga pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri dan memegang jabatan diplomatik teratas, termasuk duta besar untuk Amerika Serikat. Dia juga terlibat dalam negosiasi yang gagal dengan Israel pada 1990-an tentang penyelesaian damai.

BACA JUGA: Tentara Suriah Ditangkap Setelah Nyatakan "Cinta Abadi" untuk Putri Presiden Assad

"Dia dikenal karena posisi patriotiknya yang terhormat," kata Pemerintah Suriah dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters. Pernyataan itu menyebutkan bahwa Moalem meninggal saat fajar dan akan dimakamkan pada Senin malam di Damaskus.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini