Ini Alasan Hakim Jatuhkan Vonis 1 Tahun 2 Bulan Penjara ke Jerinx SID

Mohamad Chusna, Sindonews · Kamis 19 November 2020 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 244 2312255 ini-alasan-hakim-jatuhkan-vonis-1-tahun-2-bulan-penjara-ke-jerinx-sid-bicQXl5PQT.jpg Jerinx SID (Foto: iNews)

DENPASAR - Pengadilan Negeri (PN) Denpasar menjatuhkan vonis hukuman 1,2 tahun penjara kepada Jerinx Superman Is Dead (SID) atas kasus postingan 'IDI Kacung WHO' di akun Instagram miliknya, Kamis (19/11/2020). Jerinx dinyatakan terbukti bersalah melanggar UU tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx dengan pidana penjara selama satu tahun dan dua bulan dikurangi selama terdakwa menjalani masa tahanan," kata ketua majelis hakim Ida Ayu Andya Dewi.

Dalam surat putusannya, hakim menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Baca Juga: Tok! Jerinx SID Divonis 1 Tahun 2 Bulan dan Denda Rp10 Juta

Perbuatan itu sebagaimana diatur dalam pasal 28 ayat 2 dan pasal 45 Ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) juncto pasal 64 Ayat 1 KUHP.

Hakim juga menjatuhkan pidana denda sebesar Rp10 juta subsider satu bulan.

Hal yang memberatkan, hakim menyebut perbuatan Jerinx membuat tidak nyaman dokter yang sedang bertugas menangani COVID-19.

Sedangkan hal yang meringankan, Jerinx banyak melakukan kegiatan sosial untuk membantu rakyat miskin yang terdampak pandemi. Terdakwa juga belum pernah dihukum, telah minta maaf kepada IDI dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini