Wali Kota Batu Mengaku Tak Tahu 3 Kantor Dinas Digeledah KPK

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 06 Januari 2021 21:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 519 2340124 wali-kota-batu-mengaku-tak-tahu-3-kantor-dinas-digeledah-kpk-3muG1kHoue.jpg Wali Kota Batu Dewanti (Foto: Avirista M)

KOTA BATU - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko angkat bicara mengenai penggeledahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di tiga kantor dinas di Balai Kota Among Tani. Menurut Dewanti, pihaknya tak tahu menahu mengenai adanya penggeledahan oleh penyidik komisi anti-rasuah tersebut.

Menurut Dewanti, saat penggeledahan KPK ia sedang berada di lantai 5 untuk membahas mengenai rencana teknis vaksinasi Covid-19 di Kota Batu. Sedangkan tiga kantor ruangan dinas yang digeledah berada di lantai 2 dan 3 dari kompleks gedung Balai Kota Among Tani Batu.

"Saya nggak tahu, wong aku di lantai lima. Ya tanya yang geledah lah," ucap Dewanti, Rabu (6/1/2021).

Baca Juga:  Geledah Balai Kota Batu, KPK Angkut Dua Koper Besar Berisi Dokumen 

Di sisi lain, Kapolres Batu AKBP Catur Wibowo menyatakan bahwa anggotanya memang diminta untuk mengamankan penggeledahan di tiga kantor dinas di lingkungan Pemkot Batu. Namun, terkait apa saja dan kasus apa ia pun tak tahu menahu.

"Kita kan diminta back up saja, pengamanan. Seperti biasa. Kalau untuk secara detail teknis, rekan tanya KPK lah. Kita hanya pengamanan kegiatan. Kalau untuk Masalah kasusnya, teknis penyidikan tanya KPK, kami hanya menerima surat penerimaan bantuan pengamanan," ungkap Catur.

Catur pun mengaku tak mengetahui sampai kapan agenda penggeledahan KPK di Kota Batu. "Belum, dari KPK cuma sampaikan sampai selesai. Kami tidak tahu. Kalau selesai, ngomong berapanya susah. Kalau secara teknis, tempat atau hasil penyidikan tanya ke KPK," tandasnya.

Baca Juga:  KPK Geledah 3 Lokasi di Kota Batu Terkait Kasus Gratifikasi

Sebelumya diberitakan, penyidik KPK melakukan penggeledahan di tiga ruang dinas di lingkungan kompleks Balai Kota Batu, sejak Rabu pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

Tiga dinas yang digeledah yakni Dinas Pariwisata (Disparta), Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Batu di lantai II Balai Kota Amongtani Batu dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu di lantai III Blok C Balai Kota Batu. Penggeledahan dilakukan terkait pengembangan kasus dugaan gratifikasi yang sempat menjerat Pemkot Batu dari tahun 2011 - 2017.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini