Buntut Skandal Perselingkuhan, Mayor Jenderal Angkatan Darat Diminta Mengundurkan Diri

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 07 Januari 2021 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 18 2340258 buntut-skandal-perselingkuhan-mayor-jenderal-angkatan-darat-diminta-mundur-pY4S2Mt3SJ.jpg Foto: Daily Mail

INGGRIS – Kepala perekrutan Angkatan Darat (AD) Inggris diminta mengundurkan diri setelah dituduh berbohong tentang perselingkuhannya dengan salah satu perwira junior.

Mayor Jenderal Chris Bell, 48, dianggap telah melakukan perselingkuhah dan berbohong tentang hal itu.

Dewan pejabat tinggi yakni Kepala Angkatan Darat, Jenderal Sir Mark Carleton-Smith, perwira senior dan menteri lainnya memintanya untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

“Dia tidak jujur tentang sifat hubungannya dengannya. Dia mengaburkan apa hubungannya dengannya. Informasi itu kemudian keluar,” terang sumber AD.

“Mereka (dewan) memutuskan keseimbangan dari kemungkinan kebohongan yang dia lakukan selama penyelidikan itu. Dia mengaku telah berbohong tentang sifat sebenarnya dari hubungannya dengan dia. Dewan memutuskan dia telah melanggar tes layanan, yang berarti kehilangan kepercayaan padanya,” beber sumber itu.

Mayor Jenderal Bell dituduh berbohong tentang hubungannya dengan perwira wanita itu selama penyelidikan ketika dia menjadi komandan unit rahasia bernama Brigade 77.

(Baca juga: Buronan Ditemukan Telanjang di Tempat Persembunyiannya)

Diketahui Brigade 77 bekerja bersama MI5, MI6 dan SAS dalam perang elektronik dan psikologis. Penyelidikan dilakukan terhadap masalah lain di dalam brigade dan selama proses itulah Mayor Jenderal Bell dianggap telah berbohong.

Dia kemudian mengaku memiliki hubungan emosional dengan juniornya itu. Namun dia membantah melakukan hubungan seks.

Sang mayor jenderal ini diyakini masih tingga bersama istrinya, Alexandra. Sedangkan perwira juniornya, dikabarkan telah meninggalkan Angkatan Darat.

“Dia jelas memiliki hubungan dengannya, namun dia bohong selama penyelidikan tentang sesuatu yang lain,” terang seorang sumber AD lainnya kepada Daily Mail.

“Dia diminta mengundurkan diri karena dia berbohong tentang itu. Dewan Angkatan Darat telah kehilangan kepercayaan padanya,” tambahnya.

Skandal perselingkuhan ini diperkirakan terjadi antara akhir 2018 dan musim panas 2019.

Namun tidak jelas berapa lama Mayor Jenderal Bell dan perwira itu menjalin hubungan.

Saat ini, Mayor Jenderal Sharon Nesmith, 50, telah mengambil alih posisinya sebagai kepala perekrutan Angkatan Darat dan pelatihan awal. Dia menjadi wanita pertama yang memimpin sebagai mayor jenderal.

“Mayor Jenderal Chris Bell telah pensiun dari Angkatan Darat. Kami tidak siap untuk merilis informasi pribadi apa pun tentang individu ini. Kami memiliki kewajiban di bawah hukum umum dan undang-undang untuk melindungi informasi pribadi semua orang yang mengabdi atau pernah bertugas di Angkatan Darat,” ungkap juru bicara Angkatan Darat.

Mayor Jenderal Bell ditugaskan menjadi Pengawal Batalyon Pertama Skotlandia pada 1994 setelah belajar geografi di Oxford. Dia bertugas di Irak dan di Afghanistan, dan diberi gelar OBE.

Dia memimpin Brigade ke-77 mulai tahun 2017 dan seterusnya dan mendapat penghargaan CBE dalam penghargaan Tahun Baru lalu. Dia menjadi kepala Komando Perekrutan dan Pelatihan Awal Angkatan Darat musim panas lalu.

Skandal itu terjadi beberapa bulan setelah perwira tinggi Angkatan Darat lainnya diketahui telah berselingkuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini