Ledakan Dahsyat Gemparkan Warga Mojokerto, Saksi: Kaca Musala Bergetar

Tritus Julan, Koran SI · Jum'at 22 Januari 2021 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 519 2349291 ledakan-dahsyat-gemparkan-warga-mojokerto-saksi-kaca-musala-bergetar-ZEJAERDlBe.jpg Petugas memadamkan api di lokasi bekas galian C.Foto: Tritus Julian.

MOJOKERTO - Warga Kabupaten Mojokerto dikejutkan suara ledakan keras mirip bom, Rabu 20 Januari 2021. Setelah dicek, ledakan tersebut bersumber dari tumpukan sampah yang terbakar hebat.

Berdasarkan data yang dihimpun Sindonews, ledakan itu bersumber dari sebuah lahan bekas galian C di Dusun Kepuhpandak, Desa Sumberarum, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Lokasi tersebut digunakan sebagai tempat pembuangan limbah. 

Seorang warga sekitar lokasi, Soleh (47) mengtakan, suara ledakan keras itu terjadi sekira pukul 19.00 WIB. Saat itu, ia tengah berada di tempat pembakaran batu bata yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi ledakan. 

"Tiba-tiba itu tadi ada ledakan , suaranya keras sekali. Saya awalnya mengira pabrik meledak, tapi ternyata bukan, justru dari lahan bekas galian C itu," tutur Soleh saat ditemui di tempat pembakaran batu bata, Rabu malam. 

Sumber ledakan itu, kata Soleh, merupakan lahan yang dalam beberapa bulan terakhir dijadikan tempat pembuangan sampah. Dari sepengetahuan pihaknya, ada sejumlah pihak yang membuang sampah di lahan bekas galian C itu. Hanya saja, Soleh mengaku tidak mengetahui secara persis sampah apa saja yang dibuang di lokasi tersebut.

"Kalau sampah apa saja tidak tahu persisnya, katanya ada sampah dari pabrik benang. Jadi ada spon, kemudian kain-kain bekas gitu mungkin. Biasanya kalau buang sampah, truknya lewat depan sini," imbuh warga Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal ini.

Baca juga: Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari Positif Covid-19

Tak hanya itu, ledakan dahsyat dari timbunan sampah yang terbakar di lokasi bekas galian C ini juga menimbulkan getaran hebat. Bahkan, getaran itu dirasakan warga hingga radius lebih dari 1,5 kilometer.

"Saat kejadian itu saya salat Isya di musala. Semuanya sempat kaget, karena selain suara ledakan keras juga ada getaran. Bahkan kaca di musala ini sempat bergetar. Padahal jaraknya jauh dari sini," sambung Abdul Wahab, warga lainnya.

Menurut Wahab, ledakan keras itu juga dibarengi dengan kobaran api yang cukup besar dan membumbung tinggi, hingga warga pun sempat mengira ada pesawat jatuh di lokasi itu. Wahab dan warga yang penasaran pun langsung menuju ke sumber ledakan.

"Ternyata bersumber dari sampah itu. Saya juga heran, kok bisa ya sampah meledak sampai sedahsyat itu. Karena dari sini, apinya kelihatan besar sekali. Padahal jaraknya lebih dari satu kilometer," terang pria berusia 50 tahun ini.

Hingga kini, belum diketahui apa sumber ledakan hebat yang sempat membuat geger warga itu. Pantauan di lokasi, sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api yang membakar tumpukan sampah.

Tak hanya itu, beberapa anggota kepolisian baik dari Polres Mojokerto maupun Polsek Kutorejo juga sudah nampak berada di lokasi. Belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait dengan sumber ledakan dahsyat itu. Termasuk jenis sampah apa yang dibuang di bekas galian C ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini