Banjir di Manado Mulai Surut, Warga Berjibaku Bersihkan Rumah dari Lumpur

Jefry Langi , iNews · Sabtu 23 Januari 2021 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 340 2349482 banjir-di-manado-mulai-surut-warga-berjibaku-bersihkan-rumah-dari-lumpur-yJrWovjogS.jpg Foto: iNews

MANADO - Banjir di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) mulai surut. Warga korban banjir mulai membersihkan rumah mereka dari lumpur, Sabtu (23/1/2020) pagi.

Banjir melanda Kota Manado hingga ketinggian 2 meter. Akibat banjir ini, ketebalan lumpur yang menggenangi rumah warga hingga mencapai 50 sentimeter.

Seperti terpantau di Kelurahan Ternate Tanjung, warga mulai berjibaku membersihkan rumah mereka dari sisa banjir. Mereka membersihkan sisa banjir menggunakan sapu dan alat pompa air.

Menurut salah satu warga, Onal, hanya sebagian warga yang membersihkan rumah dari sisa banjir. Ini karena mereka takut masih akan terjadi banjir susulan.

“Cuaca masih mendung, jadi takut ada banjir susulan. Semua warga masih waspada,” katanya.

Sementara warga yang lain, Risna mengaku lumpur yang tertinggal di rumahnya setinggi mata kaki hingga lutut. Maka dari itu, dia beserta anggota keluarga lain bersama-sama membersihkan lumpur.

Baca juga: Banjir Manado: 3 Warga Meninggal dan Satu Orang Hilang

“(Lumpur) setinggi mata kaki sampai lutut,” katanya.

Banjir yang melanda delapan kecamatan di Kota Manado pada Jumat (22/1/2021) merendam ratusan rumah warga. Banjir terjadi akibat meluapnya DAS Tondano dan Sungai Sawangan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini