Gunung Raung Erupsi, Suara Gemuruh Terdengar dari Radius 16 KM

Eris Utomo, iNews · Senin 25 Januari 2021 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 519 2350179 gunung-raung-erupsi-suara-gemuruh-terdengan-dari-radius-16-km-QIcbCdJ7dD.jpg Gunung Raung di Jawa Timur menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik/Foto: Eris Utomo-iNews

BANYUWANGI - Aktivitas Gunung Api Raung di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Jawa Timur menunjukan peningkatan vulkanik pada Senin (25/1/2021) pagi.

Gempa tremor terus terjadi, menyusul suara gemuruh dari perut Raung terdengar dari pemukiman warga yang berjarak enam belas kilo meter dari puncak gunung.

Material vulkanik asap kelabu pekat terus menyembur dengan ketinggian 600 meter. Asap condong ke arah timur dan timur laut.

Baca juga: Merapi Kembali Semburkan Awan Panas dan Lava Pijar Berkali-kali

Aktivitas vulkanik gunung api Raung terlihat jelas dari Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur.

Gunung Raung

Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 mdl berstatus waspada level II ini secara terus menerus mengyemburkan meterial vulkanik asap kelabu pekat.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada pos pengamatan gunung api Raung mencatat terjadinya gempa tremor sebanyak 39 kali dengan amplitudo 1-13. Durasinya mencapai 88-353 detik.

Menurut warga yang tinggal di pemukiman berjarak 16 kilo meter dari puncak Raung, suara gemuruh terdengar jelas pada malam hari. Namun masyarakat masih beraktivitas seperti biasa.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini