Share

72 Gangster Narkoba "Tak Tersentuh" Ditangkap, Dipenjara 221 Tahun

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 02 Februari 2021 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 18 2354879 72-gangster-narkoba-tak-tersentuh-ditangkap-dipenjara-221-tahun-5BQWaBjRyE.jpg Polisi Inggris menangkap 72 gangster narkotika (Foto: SWNS)

INGGRIS – Polisi berhasil menangkap 72 gangster yang selama ini “tak tersentuh” dan dipenjara lebih dari 220 tahun. Ini menjadi panangkapan jaringan narkotika terbesar yang pernah ada di Inggris

Aksi penangkapan ini setelah operasi rahasia selama dua tahun. Operasi ini dimulai pada 2019. Kala itu Polisi Northamptonshire menyusup ke County Lines dan geng penjual narkoba lokal di seluruh wilayah.

Petugas polisi yang menyamar berhasil menghentikan penjualan narkoba senilai 1,3 juta poundsterling (Rp25 miliar).

72 gangster ini diketahui beroperasi di 18 county. Polisi menemukan gangster tersebut mengeksploitasi anak-anak yang rentan berusia 14 tahun dan menggunakannya untuk menjajakan obat-obatan Kelas A termasuk kokain dan heroin di jalanan Inggris.

(Baca juga: Berpesta di Atas Kapal, 70 Orang Ditangkap dan Dikenai Denda Sebesar Rp15 Juta)

Para pecandu bahkan diperiksa sebelum mereka bisa mendapatkan akses ke obat-obatan yang mereka butuhkan sebagai bagian dari 'operasi bawah tanah yang membingungkan'.

Mereka yang ditangkap diantaranya Aways Osman, 28, Hussein Jimale, 26, Bruno Borges, 24, Omarni Bernard-Sewell, 25, dan Levi Bernard, 33, digambarkan sebagai 'pemain besar' operasi tersebut.

Penjahat yang berbasis di London itu dipenjara selama total 36 tahun karena konspirasi memasok obat-obatan kelas A.

(Baca juga: Kudeta Myanmar, Militer Copot 24 Menteri dan Deputi, Tunjuk 11 Pengganti di Pemerintahan Baru)

Petugas dilaporkan memperoleh akses ke jaringan kriminal rahasia dan menemukan bukti geng yang beroperasi di London, Birmingham, Wolverhampton, Northampton, dan London.

Kemudian surat perintah dieksekusi secara bersamaan dan beberapa penangkapan dilakukan pada akhir 2019.

Sebanyak 72 pria dan wanita kini telah divonis dan dipenjara selama lebih dari 221 tahun. Penangkapan ini sekaligus menutup 30 jalur narkoba di seluruh negeri di Inggris.

Ini diyakini sebagai hukuman terbesar oleh satu kepolisian Inggris terhadap geng narkoba County Lines.

“Kami selalu jelas sebagai Angkatan bahwa orang-orang di puncak geng pengedar narkoba inilah yang ingin kami targetkan,” terang Inspektur Kepala Detektif Adam Pendlebury, dari Kepolisian Northamptonshire

“Dan operasi ini telah berhasil, tanpa meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat dari London ke Northamptonshire untuk menempatkan orang-orang ini di tempat mereka seharusnya - di balik jeruji besi,” ungkapnya, dikutip Daily Mail.

“Pengedar narkoba seperti Aways Osman, Hussein Jimale, Bruno Borges, Omarni Bernard-Sewell dan Levi Bernard benar-benar berpikir mereka tidak tersentuh,” lanjutnya.

“Mereka mengeksploitasi orang-orang yang rentan seperti anak-anak dan orang dewasa yang menderita kecanduan, dan membuat mereka mengambil semua risiko, sementara mereka duduk di rumah menghitung uang mereka. Tidak ada kehormatan dalam hal ini,” ujarnya.

“Selama dua tahun terakhir kami telah memperingatkan mereka dan rekan mereka secara langsung bahwa suatu hari, kami akan menangkap mereka, suatu hari kami akan datang melalui pintu mereka, dan suatu hari mereka akan melihat ke dalam sel penjara,” paparnya..

“Hari ini adalah hari itu dan saya sangat bangga dengan pekerjaan luar biasa yang telah dilakukan dalam penyelidikan ini oleh sekelompok detektif, petugas berseragam, dan analis kriminal berpengalaman, yang telah menjadikan operasi ini hidup mereka selama dua tahun terakhir,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Polisi Nick Adderley mengatakan ini adalah operasi fenomenal, yang dipimpin oleh DCI Adam Pendlebury.

“Dorongan, komitmen, tekad, kreativitas, keuletan, dan keuletan yang ditunjukkan para detektif ini di sini luar biasa dan saya sangat bangga pada mereka,” jelasnya.

Komisioner Kebakaran dan Kejahatan, Kepolisian Northamptonshire Stephen Mold, mengatakan hasil penangkapan ini benar-benar fantastis.

“Saya tahu bahwa di seluruh Northamptonshire, orang-orang prihatin dengan perdagangan narkoba dan perilaku anti-sosial terkait yang mereka lihat di komunitas mereka dan mereka ingin melihatnya ditangani dengan tegas,” terangnya.

“Ini adalah demonstrasi besar dari pekerjaan yang dilakukan oleh Polisi Northamptonshire untuk membuat semua komunitas kita lebih aman dan menunjukkan bahwa Force menggunakan investasi yang telah kita buat untuk digunakan dengan baik dalam menindak kejahatan,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini