Tebing Setinggi 25 Meter Longsor, Jalan Malang-Kediri Tertutup Total

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 02 Februari 2021 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 519 2355363 tebing-setinggi-25-meter-longsor-jalan-malang-kediri-tertutup-total-GHg4UBh03Y.jpg Longsor menutup jalan yang menghubungkan Malang-Kediri. (Foto: BPBD Kabupaten Malang)

MALANG - Akses jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang tertutup total, imbas tanah longsor. Bencana alam terjadi karena hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dan sekitarnya sejak pukul 14.00 WIB hingga Selasa (2/2/2021) sore. 

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan menyatakan, longsor menutup jalan provinsi yang menghubungkan dua kabupaten, sejak Selasa siang.

“Longsor terjadi di tebing setinggi 25 meter dengan lebar 10 meter, dengan volume 100 kubik lebih. Sementara ada longsor susulan setinggi 15 meter dengan lebar. Jadi total volume bertambah lagi," ucap Sadono saat dikonfirmasi Okezone, Selasa malam.

Jalan provinsi yang tertutup berada di Dusun Jombok Krajan, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang.

Baca juga: Belasan Rumah di Kota Batu Terancam Longsor Imbas Pergerakan Tanah

Pihak BPBD bersama instansi terkait saat ini tengah melakukan evakuasi material longsor dengan alat manual. Mengingat alat berat dari Bina Marga Jawa Timur masih di perjalanan menuju lokasi.

"Alat berat dari Bina Marga Provinsi Jawa Timur masih proses persiapan ke lokasi. Sementara evakuasi pakai manual dengan kondisi cuaca hujan gerimis," tuturnya.

Baca juga: Mobil Tertabrak KA Penataran Gara-Gara Pengemudi Asyik Dengarkan Musik, 1 Tewas

Hingga berita ini ditulis pukul 19.13 WIB, proses evakuasi material longsor masih berlangsung dan akses jalan provinsi tertutup total. 

"Semua kendaraan kita minta putar balik, akses jalan ditutup," tukas Sadono.  

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini