China Akui 4 Tentaranya Tewas dalam Bentrokan dengan Pasukan India di Himalaya

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 19 Februari 2021 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 18 2364972 china-akui-4-tentaranya-tewas-dalam-bentrokan-dengan-pasukan-india-di-himalaya-pAWXh9tMsJ.jpg Foto: Reuters.

BEIJING - China untuk pada Jumat (19/2/2021) pertama kalinya mengatakan bahwa empat tentaranya tewas dalam bentrokan berdarah perbatasan Himalaya dengan pasukan India pada Juni 2020. Beijing menambahkan bahwa para tentara itu diberi penghargaan anumerta.

Chen Hongjun, Chen Xiangrong, Xiao Siyuan dan Wang Zhuoran tewas dalam apa yang media Pemerintah China gambarkan sebagai "perjuangan sengit" melawan "pasukan asing" yang melanggar kesepakatan dan menyeberang ke wilayah China.

BACA JUGA: Batang Besi Berpaku Dijadikan Senjata Bentrokan Tentara India dan China di Perbatasan

China dan India saling menyalahkan atas pertempuran kecil di Himalaya barat, di mana tentara bertempur satu sama lain dengan batu dan pentungan yang dipasangi paku. India sebelumnya mengatakan 20 tentaranya tewas dalam bentrokan itu, sementara Beijing telah mengakui adanya korban tetapi belum mengungkapkan rinciannya.

Chen secara anumerta dianugerahi gelar "Pahlawan Penjaga Perbatasan", sementara tiga orang lainnya juga diberi penghargaan prestasi kelas satu.

BACA JUGA: Video Perkelahian Pasukan India dan China Viral Setelah Bentrokan Berdarah di Perbatasan

Kedua negara telah berusaha untuk menurunkan situasi di perbatasan, meskipun ada "pertarungan kecil" antara pasukan India dan China pada Januari di sepanjang perbatasan yang disengketakan.

China dan India mulai menarik mundur pasukan, tank, dan peralatan lainnya dari tepi Pangong Tso, danau glasial di wilayah Ladakh, yang menjadi titik panas dalam sengketa perbatasan yang berkepanjangan setelah mencapai kesepakatan untuk melakukannya bulan ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini