Dua Organisasi Mahasiswa Bentrok Besar, Gedung Kampus Rusak Polisi Kewalahan

Huzair Zainal, iNews · Sabtu 20 Februari 2021 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 340 2365468 dua-organisasi-mahasiswa-bentrok-besar-gedung-kampus-rusak-polisi-kewalahan-fCFUSpQqBj.JPG Foto: Huzair Zainal

POLMAN - Tanpa diketahui penyebab pasti dua organisasi mahasiswa yakni HMI dan PMII Cabang Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat siang tadi, Sabtu (20/2/2021) terlibat bentrok di Universitas Al’asyariah Mandar.

Kerusuhan yang melukai sejumlah mahasiswa ini berlangsung lama, bahkan aparat kepolisian terpaksa melepaskan tembakan peringatan berkali-kali, bentrokan meluas hingga ke ruas jalan. Hingga saat ini ratusan massa dari dua kubu masih bersiaga di lokasi, puluhan aparat kepolisian diterjunkan untuk mengamankan kampus.

Dua kelompok massa saling serang menggunakan kayu dan batu. Ratusan mahasiswa saling lempar di area kampus mengakibatkan beberpa kaca dan atap bangunan rusak. Tak hanya itu saja, bentrokan makin menjadi jadi dan sulit dikendalikan aparat kepolisian yang berada di lokasi.

Tembakan peringatan bahkan dilepasakan berkali kali untuk mredam aksi saling serang antar kedua kelompok organisasi mahasiswa ini.

Baca Juga: Bentrok Ormas di Apartement City Park, Satu Orang Luka Sobek di Perut

Sayangnya massa makin beringas dan kian bertambah membuat aparat kepolisian kewalahan, bahkan saling serang hingga ke ruas jalan.

Hingga saat ini kondisi di lokasi bentrokan masih mencekam, kedua kubu dengan membawa balok kayu masih bersiaga di lokasi berbeda yang hanya berjarak 200 meter.

Persitiwa ini sendiri terjadi bertepatan dengan kegiatan organisasi Mahasiswa Islam Indonesia atau HMI di gedung Universitas Al Asryriah Mandar (Unasman).

Belum diketahui pasti pemicu terjadinya bentrokan berdarah ini dan menyebabkan belasan orang luka-luka. Saat ini pihak universitas dan aparat kepolisian masih terus melakukan mediasi dengan pengurus kedua organisasi.

Sedangkan akibat bentrokan tak hanya menyebabkan luka luka namun juga sejumlah fasilitas kampus rusak akibat terkena lemparan batu.

Aparat kepolisian juga menutup sejumlah ruas jalan di sekitar Universitas Unasman untuk menghindari hal hal yang tak diinginkan.

Saat ini sebanyak 3 mahasiswa yang mengalami luka berat dilarikan ke rumah sakit umum daerah Polewali Mandar.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini