Sandiaga dan Angela Tanoesoedibjo Hadiri Upacara Pemakaman Mantan Menteri Pariwisata I Gede Ardika

Arif Budianto, Koran SI · Senin 22 Februari 2021 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 525 2366015 sandiaga-dan-angela-tanoesoedibjo-hadiri-upacara-pemakaman-mantan-menteri-pariwisata-i-gede-ardika-66FSoybAMx.jpg Foto: MNC Portal

BANDUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiga Uno dan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo menghadiri upacara Pemakaman mantan Menteri Pariwisata I Gede Ardika, Senin (22/2/2021).

(Baca juga: Mantan Menteri Kebudayaan & Pariwisata I Gede Ardhika Tutup Usia)

Prosesi upacara pemakaman dilakukan di Gedung Sport & Convention Hall Sekolah Tinggi Pariwisata (STP), Jalan Setiabudi, Kota Bandung. I Gede Artika, setelah disemayamkan dan upaya pemakaman di STP, jenazah kemudian akan dikremasi di TPU Cikadut, Cicaheum, Kota Bandung. Setelah proses kremasi, kemudian dilakukan pendem abu di Gunung Bohong, Cimahi.

(Baca juga: Piere Tendean Masuk Tentara Terinspirasi Jenderal Nasution)

"Karena melihat situasi dan kondisi saat ini, tidak memungkinkan dilakukan larung dilaut. Makanya kami cari alternatifnya, dengan pendem abu di Gunung Bohong," ujar adik almarhum, I Gede Artika.

Dikatakan dia, almarhum memang sering mengalami sakit sakitan sejak 2019 lalu. Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata era Presiden Megawati dan Abdurahman Wahid ini mengalami sakit leukimia. Beberapa kali mendapat perawatan di rumah sakit.

"Beliau sosok yang baik terhadap keluarga. Selalu menyempatkan waktu buat keluarga," imbuh dia.

Diketahui, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) I Gede Ardika meninggal dunia di Rumah Sakit Boromeus, Bandung, pada Sabtu (20/2/2021) pukul 07.46 WIB karena sakit.

I Gede Ardika adalah Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI 2000-2004. I Gede Ardika lahir di Singaraja, Bali, 15 Februari 1945. Sebelumnya, almarhum berkarir sebagai pejabat di Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Sebelum menjabat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, I Gede Ardika menjabat Wakil Kepala Badan Pengembangan Pariwisata dan Kesenian. Pada 1998-2000 menjadi Dirjen Pariwisata, Departemen Pariwisata, Seni dan Budaya. Pada 1996-1998 ia menjabat Sekretaris Ditjen Pariwisata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini