Tidak Hanya di Indonesia, Kudeta Politik Juga Terjadi di Sejumlah Negara

Kamis 11 Maret 2021 07:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 11 18 2375963 tidak-hanya-di-indonesia-kudeta-politik-juga-terjadi-di-sejumlah-negara-Gd1L1FZuqb.jpg (Foto : Reuters)

BERITA mengenai kudeta yang melanda Myanmar menjadi topik panas dalam beberapa waktu belakang. Negara tersebut dilanda kekacauan sejak pihak militer melakukan kudeta terhadap Presiden Win Mynt dan pemimpin Partai Liga Nasional (NLD) pada Senin (1/2/2021).

Jenderal Senior Min Aung Hlaing yang kini memangku kekuasaan tertinggi di Myanmar, membeberkan alasannya melakukan kudeta. Menurut pengakuannya, ia merasa ada kecurangan di balik kemenangan telak NLD pada pemilu November lalu.

Kondisi di Myanmar pun kian memanas setelah banyak korban sipil berjatuhan akibat bentrok dengan pihak militer. Militer dianggap represif dalam menghalau demonstran yang berunjuk rasa secara damai.

Kasus kudeta di Myanmar ini menyerap perhatian banyak pihak di seluruh dunia. Sebelum Myanmar, tercatat ada beberapa negara lain yang juga pernah mengalami kejadian serupa di negaranya. Oleh karena itu, Okezone merangkum beberapa negara demokrasi yang juga pernah mengalami kudeta yang dihimpun dari beragam sumber.

1.Thailand

Negeri Gajah Putih ini pernah mengalami kudeta yang diinisiasi pihak militer-nya pada 22 Mei 2014.

Kudeta ini bermula dari situasi politik Thailand yang kacau, menyusul aksi demonstrasi besar-besaran selama 6 bulan. Aksi demonstrasi yang ditujukan untuk menuntut diturunkannya Yinluck Shinawatra dari posisi perdana menteri.

Dipimpin panglima angkatan bersenjata Letnan Jenderal Sonthi Boonyaratglin, pihak militer mengudeta posisi perdana menteri dari Yinluck. Hal ini akhirnya dilakukan karena pihak militer menganggap Yinluck telah memecah belah masyarakat dan melanggengkan praktik korupsi di Thailand.

Yinluck juga dianggap tidak kompeten dan hanya menjadi boneka dari kakaknya, Thaksin Shinawatra yang merupakan mantan perdana menteri Thailand.

Pada waktu itu, pihak militer Thailand pun langsung menyatakan status darurat militer dan langsung membentuk rezim junta untuk sementara waktu. Menangguhkan sementara konstitusi pemerintahan Thailand pada saat itu.

Baca Juga : Kabur ke India, Eks Polisi Myanmar Mengaku Diperintahkan Tembak Demonstran Sampai Mati

2.Mali

Sebelum Myanmar, Mali menjadi negara terakhir yang pernah mengalami kudeta militer. Pada 18 Agustus 2020, pihak militer Mali secara resmi melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan Mali.

Kudeta Mali hampir serupa dengan kudeta di Thailand. Militer Mali melakukan kudeta setelah protes berkepanjangan dari masyarakat kepada Presiden Ibrahim Boubacar Keita sejak 5 Juni.

Masyarakat menganggap Keita melakukan korupsi dan tidak mampu menjaga kestabilan ekonomi di Mali. Ia juga dinilai tidak becus dalam menangani pemberontak yang sedang berlangsung di Mali saat itu.

Akibat aksi kudeta itu, Keita memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya pada 19 Agustus 2020. Hal ini Keita lakukan agar pihak militer tak perlu lagi bertempur dan terjadi pertumpahan darah.

3.Republik Fiji

Republik Fiji jadi negara selanjutnya yang tercatat mengalami kudeta militer. Pasukan militer di bawah pimpinan Komodor Frank Bainimarama melancarkan aksi kudeta pada 5 Desember 2006.

Melalui siaran TV, Bainimarama menyatakan telah mencopot Perdana Menteri Laisenia Qarase dan memegang wewenang eksekutif untuk sementara. Tepatnya, hingga pemilihan PM baru kembali diadakan.

Baca Juga : Video Viral, Biarawati Myanmar Berlutut Memohon Polisi Myanmar Tak Bunuh Anak-Anak

Kudeta ini bermula dari kekecewaan pihak militer terhadap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh perdana menteri. Mereka pun turut menuduh jikalau Qarase melakukan korupsi dalam pemerintahannya. (Timothy Putra Noya)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini