Menhan Australia Terkait Penanganan Kasus Pemerkosaan Mantan Staf Kementerian

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 12 Maret 2021 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 18 2376809 menhan-australia-terkait-penanganan-kasus-pemerkosaan-mantan-staf-kementerian-aSgoFXkscL.jpg Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds. (Foto: Reuters)

SYDNEY - Menteri pertahanan Australia yang dihujani kritik pada Jumat (12/3/2021) meminta maaf dan menarik pernyataannya tentang seorang mantan staf yang mengaku diperkosa di gedung kementerian pada 2019.

Media Australia mengatakan bahwa Menhan Linda Reynolds, yang berada di bawah tekanan atas penanganannya terkait kasus perkosaan, menyebut Brittany Higgins, yang mengklaim menjadi korban dalam kasus tersebut, sebagai "sapi pembohong".

BACA JUGA: Jaksa Agung Australia Bantah Tuduhan Perkosaan Terhadap Gadis 16 Tahun

Perdana Menteri Scott Morrison telah mengklarifikasi bahwa pernyataan tersebut, yang dibuat di kantor pribadi Reynolds, merujuk pada rasa frustrasinya karena dianggap tidak memberikan cukup dukungan kepada Higgins atas tuduhan pemerkosaan terhadap seorang kolega di Gedung Parlemen.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat, Reynolds mengatakan dia ingin mencabut pernyataan itu dan "tanpa pamrih meminta maaf kepada Brittany Higgins dan mengakui rasa sakit dan kesusahan yang ditimbulkannya padanya", demikian diwartakan Reuters.

Reynolds tengah mengambil cuti sakit diperpanjang setelah krisis tersebut pecah dan akan absen sesi parlemen minggu depan.

BACA JUGA: Perempuan Muda Mengaku Diperkosa di Gedung Parlemen, PM Australia Minta Maaf

Di Twitter, Higgins mengatakan dia telah menerima permintaan maaf tersebut, menambahkan bahwa jumlah yang dirahasiakan yang merupakan bagian dari penyelesaian akan dibayarkan ke organisasi Canberra yang menasihati dan mendukung penyintas kekerasan dan pelecehan seksual.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini