Ni Luh Putu Sugianitri Ajudan Terakhir Bung Karno Meninggal, Jasadnya Dikremasi

Miftachul Chusna, Koran SI · Kamis 18 Maret 2021 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 244 2380184 ni-luh-putu-sugianitri-ajudan-terakhir-bung-karno-meninggal-jasadnya-dikremasi-gH0T0Ugro5.jpg Sugianitri dan Bung Karno. (Foto: Istimewa)

DENPASAR - Jasad Ni Luh Putu Sugianitri, perempuan asal Bali, mantan ajudan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno dikremasi, Kamis (18/3/2021). Segenap keluarga besar melepas kepergian Sugianitri. 

Prosesi kremasi digelar di krematorium Mumbul, Nusa Dua. Deretan foto semasa hidup Sugianitri terpajang rapi di meja aula krematorium.

Di halaman krematorium, karangan bunga mulai dari kerabat hingga pejabat berjajar. Salah satunya dari Megawati Soekarnoputri dan keluarga besar Bung Karno.

Baca juga: Kisah Bung Karno Sakit-sakitan dan Ganti Nama

Fajar Rohita, putra sulung Sugianitri terlihat tegar melepas kepergian ibunya. "Kami bangga ibu pernah memberikan pengabdian terbaik kepada negara," ujarnya.

Usai kremasi, abu dilarung ke laut Benoa. Sebagian lagi disemayamkan ke kampung halaman Sugianitri di Desa Babahan, Penebel, Tabanan.

Foto: Chusna

Sugianitri berpulang dalam usia 72 tahun karena penyakit kista dan anemia yang dideritanya dalam enam bulan terakhir. Sugianitri mengembuskan napas terakhir di RS Sanglah, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Kisah Mendebarkan Bung Karno saat Berkunjung ke Kuba

Sugianitri menjadi ajudan terakhir Bung Karno hingga peralihan kekuasaan ke Presiden Soeharto. Dia setia melayani makanan dan minum Bung Karno hingga lengser dan menjadi tahanan rumah. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini