Polisi Bongkar Penyelundupan 185 Bayi Kura-kura Galapagos

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 30 Maret 2021 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 18 2386356 polisi-bongkar-penyelundupan-185-bayi-kura-kura-galapagos-xHbcM1Nf8N.jpg Polisi amankan 185 bayi kura-kura Galapagos (Foto: Aeoropuerto Ecologico de Galapagos)

EKUADOR - Petugas bea cukai di Ekuador menemukan 185 bayi kura-kura yang dikemas di dalam koper yang dikirim dari Kepulauan Galapagos ke daratan pada Minggu (29/3).

Reptil tersebut dibungkus dengan plastik dan ditemukan selama pemeriksaan rutin di bandara utama di pulau Baltra.

Kura-kura yang ditangkap di bandara di Baltra ini diperkirakan berusia kurang dari tiga bulan. Pejabat mengatakan, sepuluh diantaranya meninggal.

Salah satu ancaman terbesar bagi kura-kura Galápagos adalah perdagangan ilegal untuk pengumpul hewan dan pasar hewan peliharaan eksotis.

Pejabat yang memerangi perdagangan satwa liar mengatakan, kura-kura remaja seukuran tukik dapat menghasilkan lebih dari USD5.000 (Rp72 juta) per hewan.

(Baca juga: Pria Ini Rebus Kepala Korbannya di Air Mendidih di Atas Panci, Tubuhnya Dipotong-potong, Gigi dan Kuku Dicabut)

Diyakini para penyelundup membungkus kura-kura dengan plastik untuk melumpuhkan mereka, tetapi operator mesin sinar-X di bandara tetap curiga.

Pihak bandara menyatakan kura-kura ini dimasukkan ke dalam koper yang dituliskan berisi “suvenir”.

Sejauh ini tidak ada penangkapan yang dilakukan, tetapi karyawan perusahaan transportasi yang telah memeriksa koper ditahan untuk diinterogasi.

Menteri Lingkungan Ekuador, Marcelo Mata, menggambarkan insiden itu sebagai kejahatan terhadap fauna liar dan warisan alam negara itu.

Banyak tumbuhan dan hewan yang ditemukan di Galápagos unik di pulau-pulau tersebut, yang terletak di Samudra Pasifik sekitar 1.000 km (600 mil) di lepas pantai Ekuador.

(Baca juga: Kapal Kontainer Raksasa yang Kandas Diapungkan, Lalin Terusan Suez Kembali Berlanjut)

Di antara yang paling terkenal adalah kura-kura raksasa Galápagos, yang diperkirakan telah tiba di pulau vulkanik antara tiga dan empat juta tahun yang lalu.

Hukuman untuk penyelundupan hewan dari Galápagos adalah satu hingga tiga tahun penjara.

(sst)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini