Paviliun RSUD Mardi Waluyo Ambrol Akibat Gempa Malang, Tidak Ada Korban

Solichan Arif, Koran SI · Sabtu 10 April 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 519 2392551 paviliun-rsud-mardi-waluyo-ambrol-akibat-gempa-malang-tidak-ada-korban-QGPe8x9jt5.jpg Atap rumah sakit jebol akibat guncangan gempa Malang (Foto : iNews)

BLITAR - Ambrolnya bagian atas bangunan paviliun pasien RSUD Mardi Waluyo, Kota Blitar akibat gempa magnitudo 6,7 Sabtu (10/4/2021), yang mengguncang Malang, dipastikan tidak memakan korban jiwa.

Direktur RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar Ramiaji mengatakan, runtuhnya bagian atas bangunan tidak sampai melukai pasien yang sedang menjalani perawatan.

"Alhamdulillah tidak sampai ada korban," ujar Ramiaji kepada wartawan Sabtu (10/4/2021).

Lokasi paviliun pasien RSUD Mardi Waluyo berada di lantai dua. Guncangan 6,7 SR yang berpusat di Kabupaten Malang tersebut, membuat atap ruangan paviliun runtuh. Plafon langit langit ruangan luluh lantak.

"Kemungkinan karena tidak mampu menahan genting yang jatuh, plafon akhirnya ambrol," kata Ramiaji.

Saat material berjatuhan, di ruangan tersebut terdapat pasien yang sedang menjalani perawatan. Beruntung. Jatuhnya material, kata Ramiaji tepat di sisi kanan dan kiri pasien.

"Jadi tidak sampai mengenai pasien," tambah Ramiaji.

Baca Juga : Dampak Gempa Malang: Atap Rumah Sakit Ambrol, Pasien Dipindahkan

Getaran keras yang berlangsung tiba tiba tersebut, mengagetkan semua. Situasi sontak gaduh. Tidak sedikit perawat rumah sakit yang berhamburan keluar. Beberapa diantaranya bersembunyi di bawah meja.

Saat berlangsung gempa, Ramiaji mengaku tengah salat dzuhur.

"Saya sempat bersembunyi di bawah meja. Sesuai protapnya seperti itu. Setelah semuanya tenang, baru keluar," kata Ramiaji.

Sebagai langkah awal petugas langsung mengevakuasi pasien dari ruang paviliun yang rusak. Yang bersangkutan yang sempat kaget, langsung ditenangkan. Menyusul itu, kata Ramiaji, petugas instalasi rumah sakit melakukan pengecekan menyeluruh. Yakni memeriksa jalur oksigen, listrik, air serta kondisi bangunan lain.

"Setelah dicek, semuanya aman," papar Ramiaji menjelaskan.

Ramiaji juga mengatakan, seluruh pelayanan di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar saat ini, dipastikan tidak ada yang terganggu. Semuanya berjalan lancar. "Semuanya berjalan lancar," tambahnya.

Sesuai laporan BMKG, gempa yang mengguncang, berkekuatan 6,7 SR. Gempa berpusat di lokasi 8.95 LS, 112.48 BT atau 90 Km Barat Daya Kabupaten Malang. Gempa di kedalaman 25 Km tersebut tidak berpotensi tsunami.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini