Material Radioaktif Dicuri Perampok, Pemerintah Meksiko Peringatkan 9 Negara Bagian

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 13 April 2021 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 18 2393881 material-radioaktif-dicuri-perampok-pemerintah-meksiko-peringatkan-9-negara-bagian-58HBwXyQDq.jpg Foto: Reuters.

MEXICO CITY - Pemerintah Meksiko telah mengeluarkan peringatan kepada sembilan negara bagian, termasuk ibu kotanya, Mexico City, memperingatkan bahwa sebuah perangkat radioaktif yang dapat menyebabkan “cedera fatal” telah jatuh ke tangan perampok.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah mengatakan bahwa peralatan radiografi industri telah dicuri dalam sebuah perampokan terhadap sebuah truk di dekat Kotamadya Teoloyucan di Negara Bagian Mexico pada Minggu (11/4/2021) dini hari.

BACA JUGA: Polisi Tetapkan Pegawai Batan Tersangka Kepemilikan Zat Radioaktif Ilegal di Tangsel

Tidak ada rincian tentang insiden itu yang dipublikasikan dan pelaku yang identitasnya tidak diketahui dilaporkan masih dalam pelarian. Peralatan tersebut dicuri saat perampok membajak kendaraan pembawanya, Toyota Hilux.

Perkembangan tersebut memicu perhatian khusus di antara pihak berwenang Meksiko karena perangkat yang dicuri mengandung sumber Iridium-192 yang sangat radioaktif. Jika dikeluarkan dari wadah khusus yang aman, sumber ini dapat menimbulkan "cedera permanen" bagi siapa saja yang melakukan kontak langsung dengannya hanya dalam hitungan menit, demikian peringatan dari pemerintah.

“Jika (seseorang) tetap berhubungan langsung dengan sumbernya selama berjam-jam atau berhari-hari, efeknya bisa fatal,” kata pernyataan itu sebagaimana dilansir RT.

BACA JUGA: Ilmuwan Temukan Isotop Radioaktif dari Supernova di Dasar Laut

Komisi Nasional untuk Keselamatan dan Perlindungan Nuklir (CNSNS) Meksiko melaporkan insiden tersebut ke Koordinasi Perlindungan Sipil Nasional (CNPC), yang, pada gilirannya, membuat unit perlindungan sipil di sembilan negara bagian Meksiko waspada.

Tidak jelas apakah perangkat itu adalah target perampok atau apakah mereka menyadari keberadaannya sama sekali. Perangkat, dijelaskan sebagai proyektor sumber sinar gamma, diproduksi oleh perusahaan Amerika, QSA Global, yang berspesialisasi dalam memasok “sumber radiasi berkinerja tinggi yang digunakan dalam perangkat uji non-destruktif, oil well logging (OWL), proses industri, dan penelitian medis."

Pemerintah Meksiko mengimbau siapa pun yang kebetulan menemukan peralatan curian, yang terlihat seperti kotak kuning kecil dengan pegangan, untuk menjauh darinya. Perimeter 30 meter juga harus dipasang di sekitar perangkat jika ditemukan, tambah pernyataan itu.

Pihak berwenang juga diperintahkan untuk mencatat semua orang, termasuk warga sipil dan penanggap pertama, yang mungkin "telah berada dalam radius keamanan" setelah perangkat ditemukan.

Meskipun jarang terjadi, kejahatan yang melibatkan bahan radioaktif, yang sebagian besar digunakan dalam berbagai jenis alat pengukur, masih terjadi di seluruh dunia. Pada 2018 lalu, "hilangnya" perangkat industri berbahan radioaktif memicu pencarian yang panik di Malaysia.

Pada 2019, pengukur kepadatan kelembaban portabel yang mengandung sumber bahan radioaktif tersegel dicuri dari sebuah lokasi konstruksi di Negara Bagian Colorado Amerika Serikat. Sedangkan pada 2020, perangkat serupa hilang dari lokasi konstruksi di Adelaide, Australia. Dalam kedua kasus tersebut, insiden hanya memicu peringatan lokal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini