KRI Nanggala 402 Diperkirakan Berada Dekat Perairan Celukan Bawang

Mohamad Chusna, Sindonews · Jum'at 23 April 2021 19:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 244 2399840 kri-nanggala-402-diperkirakan-berada-dekat-perairan-celukan-bawang-PoZKwZIRfE.jpeg Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad. (Foto : Muhamad Chusna)

DENPASAR - Pada hari ketiga upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali utara mulai mendapat hasil. Tim menemukan titik yang diperkirakan menjadi lokasi hilangnya kapal selam TNI AL tersebut.

"Kalau ditarik garis jaraknya dari Celukan Bawang itu kurang lebih sekitar 23 notikal mil atau kurang lebih 40 kilometer di utara Celukan Bawang. Di sekitar daerah tersebut diperkirakan," kata Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad dalam jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai Bali, Jumat (23/4/2021).

Menurut dia, prediksi titik hilangnya kapal itu berdasarkan temuan tumpahan minyak dan daya magnet besar yang terdeteksi di sekitar titik yang dimaksud. Saat ini titik itu terus dipantau.

Pemantauan dilakukan beberapa kapal, di antaranya KRI Regal, Soeharso dan kapal dari Polri. Ada juga bantuan kapal dari Australia yaitu HMAS Ballarat dan HMAS Sirius. Kapal ini dilengkapi helikopter.

Kemudian lima personel dari angkatan laut Singapura juga sudah bergabung di KRI Soeharso. Tim dari US airforce juga sudah tiba dan sedang berkoordinasi.

Baca Juga : TNI Sisir 9 Titik yang Diduga Lokasi Hilangnya KRI Nanggala 402

Tim juga sudah dibagi menjadi beberapa sektor untuk membagi proses pencarian. "Mudah-mudahan dengan tim dan peralatan yang ada bisa segera dipastikam titik Nanggala 402," ujar Riad.

Baca Juga : Mengintip Kecanggihan MV Swift Rescue yang Dilengkapi Kapal Selam Mini

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini