H-1 Larangan Mudik, Ratusan Ribu Pemudik Menyeberang ke Pulau Jawa

Heri Fulistiawan, iNews · Rabu 05 Mei 2021 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 340 2406092 h-1-larangan-mudik-ratusan-ribu-pemudik-menyeberang-ke-pulau-jawa-Kv7B1cFI6K.jpg Pemudik memadati Pelabuhan Bakauheni (Foto: Heri Fulistiawan)

LAMPUNG - Sehari jelang pelarangan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, ratusan ribu penumpang asal Sumatera telah menyebrang ke Pulau Jawa. Lonjakan penumpang di Pelabuhan Bakauheni, Lampung mengalami kenaikan dibanding hari biasanya. 

Sejak pagi hingga sore hari, penumpang pejalan kaki dan kendaraan tampak memadati loket dan tolgate pelabuhan, pada umumnya para pemudik asal pulau Sumatera ini memilih mudik lebih awal lantaran adanya pelarangan mudik pada 6 sampai 17 Mei 2021.

Baca Juga: Larang Mudik, Doni Monardo: Lebih Baik Cerewet Daripada Korban Covid-19 Berderet-deret

Jelang pelarangan mudik, ribuan pemudik asal pulau Sumatera tujuan pulau Jawa sejak tadi pagi hingga sore terus memadati loket Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Antrean arus penumpang pejalan kaki maupun kendaraan tampak memadati loket pelabuhan.

Ismiati dan para pemudik pada umumnya melakukan perjalanan mudik lebih awal lantaran terkait adanya kebijakan pemerintah tentang pelarangan mudik yang akan diterapkan pada 6 sampai 17 Mei 2021, pada pelarangan mudik tersebut pelayanan penumpang kapal ditiadakan kecuali kendaraan pengangkut logistik dan kendaraan yang dikecualikan.

Untuk dapat menyeberang para calon penumpang wajib mempunyai surat keterangan negatif Covid-19 dari daerah asal, pihak PT ASDP juga telah menyiapkan tempat pendaftaran rapid test Ge-Nose dengan membayar Rp40 ribu per orang.

Baca Juga: 158 Pos Penyekatan Tersebar di Jabar, Ridwan Kamil Sepakat Mudik Lokal Dilarang

Berdasarkan data dari PT ASDP Bakauheni terhitung dari 28 April hingga hari ini telah menyeberangkan penumpang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak-Banten untuk penumpang pejalan kaki dan di dalam kendaraan berjumlah 145.921 orang.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua berjumlah 2.461 unit, dan untuk kendaraan roda empat maupun bus berjumlah 39.009 unit. 

Sementara untuk pemudik asal Pulau Jawa yang ke Pulau Sumatera penumpang pejalan kaki yang hingga hari ini berjumlah 242.580 orang, roda dua 14.053 unit, untuk jumlah kendaraan roda empat 63.037 unit.

Pihak ASDP menyiapkan armada kapal sebanyak 30 unit dengan 110 trip per harinya. Diprediksi lonjakan penumpang ini akan terus terjadi hingga malam hari nanti sebelum tanggal pelarangan mudik diterapkan oleh pemerintah.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini