Hari Kedua Larangan Mudik, Polda Jabar Putar Balik 4.910 Kendaraan

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Jum'at 07 Mei 2021 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 525 2407193 hari-kedua-larangan-mudik-polda-jabar-putar-balik-4-910-kendaraan-DdziYHN56O.jpg Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi Chaniago. (Foto : Sindo/Agung Bakti Sarasa)

BANDUNG - Jajaran Polda Jawa Barat memutarbalikkan ribuan kendaraan ke daerah asalnya pada hari kedua larangan mudik.

Sebanyak 4.910 kendaraan terpaksa diputar balik di pos-pos penyekatan yang tersebar di wilayah Jabar. Ribuan kendaraan tersebut dipaksa putar balik karena penumpangnya tak dapat menunjukkan dokumen perjalanan yang dipersyaratkan.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago mengungkapkan, sejak Jumat (7/5/2021) pukul 00.00 WIB, polisi dibantu aparat gabungan telah memeriksa 11.573 kendaraan yang melintasi Jabar ke berbagai tujuan di wilayah timur Jabar, seperti Garut, Tasikmalaya, Ciamis, hingga Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Dari total 11.573 kendaraan yang melintas sejak pukul 00.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB pagi tadi, 4.910 kendaraan di antaranya diputarbalikkan ke daerah asal," ungkap Erdi di Bandung.

Ia menjelaskan, ribuan kendaraan tersebut diputarbalikkan karena pengendara maupun penumpangnya tak mengantongi dokumen perjalanan, seperti surat keterangan bebas Covid-19, surat izin bagi perjalanan dinas, hingga surat izin dari aparat kewilayahan.

"Kendaraan yang diperbolehkan melintas itu yang memiliki dokumen perjalanan saat mudik ini, seperti surat rapid tes, surat jalan dari kantor, dan surat keterangan dari kewilayahan setempat," tuturnya.

Erdi menambahkan, meski upaya penyekatan terus dilakukan, pihaknya memprediksi kendaraan yang melintas di Jabar bakal tetap melonjak jelang perayaan Lebaran 2021.

Baca Juga : Perjalanan KRL Dibatasi Selama Larangan Mudik, Cek Jadwalnya di Sini!

"Oleh karena itu, dengan peningkatan jumlah kendaraan, kami akan maksimalkan penyekatan 24 jam penuh," ujarnya.

Baca Juga : Viral TNI Kerahkan Tank Sekat Pemudik, Kapendam Jaya: Hoaks, Itu Latihan Taktis

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini