Presiden Palestina Batalkan Perayaan Idul Fitri Setelah Pengeboman Israel di Gaza

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 11 Mei 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 18 2409027 presiden-palestina-batalkan-perayaan-idul-fitri-setelah-pengeboman-israel-di-gaza-9NWDSVGzZZ.jpg Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (Foto: Reuters)

RAMALLAH – Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Selasa (11/5/2021) membatalkan perayaan Hari Raya Idul Fitri untuk menghormati dan mengenang para korban yang tewas dalam serangan udara Israel di Gaza.

Menurut kantor berita resmi Palestina WAFA, Abbas membatasi Idul Fitri pada ritual keagamaan dan memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang untuk mengenang orang-orang Palestina yang menjadi martir dalam serangan udara Israel, demikian dilaporkan Anadolu.

BACA JUGA: Serangan Udara Israel Tewaskan 20 Warga Palestina, Termasuk Anak-Anak

Lebih dari 20 warga Palestina, termasuk sembilan anak, tewas Senin (10/5/2021) dalam pemboman Israel di Gaza. Israel mengatakan serangan itu adalah pembalasan setelah Hamas menembakkan lebih dari 100 roket dari Gaza yang menyasar Yerusalem.

Menurut Bulan Sabit Merah Palestina, setidaknya 305 orang juga terluka ketika pasukan Israel menembakkan peluru berlapis karet, gas air mata, dan granat kejut ke arah warga Palestina yang sedang berjaga untuk mencegah kemungkinan penggerebekan oleh ekstremis Yahudi.

BACA JUGA: Bentrokan di Yerusalem, 29 Anak Palestina Terluka, 8 Ditangkap

Ketegangan telah memuncak di lingkungan Sheikh Jarrah sejak pekan lalu ketika pemukim Israel mengerumuni setelah pengadilan Israel memerintahkan penggusuran keluarga Palestina. Warga Palestina menggelar protes dan demonstrasi menentang pengusiran warga Sheikh Jarrah dan terlibat bentrokan dengan pasukan Israel.

Israel menduduki Yerusalem Timur selama perang Arab-Israel tahun 1967 dan mencaplok seluruh kota pada tahun 1980 - sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini