Nekat Angkut Pemudik, 2 Travel Gelap Terjaring Petugas di Kuningan

Wisnu Yusep, Okezone · Selasa 11 Mei 2021 01:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 525 2408729 nekat-angkut-pemudik-2-travel-gelap-terjaring-petugas-di-kuningan-cgXjKnW8La.jpg Travel gelap angkut pemudik terjaring petugas (Foto: Wisnu Yusep)

KUNINGAN – Sebanyak dua kendaraan travel gelap yang mengangkut pemudik terjaring di Pos Pengamanan Lebaran 2021 Patung Tugu Ikan Sampora, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ditahan.

Kendaraan yang terdiri membawa 7 dan 5 penumpang dari Cikarang, Kabupaten Bekasi itu langsung dibawa oleh petugas kepolisian ke Polres Kuningan.

"Tetap diamankan dua travel gelap itu. Dan dilakukan penilangan dan penahanan kendaraan. Langsung dibawa ke Polres Kuningan," ujar Perwira Pengendali (Padal) Pos Pengamanan Lebaran 2021, Ipda Asep Hendara ketika ditemui di Pos Pengaman Lebaran Patung Tugu Ikan Sampora, Senin (10/5/2021).

Baca Juga:  Kembali Diserbu Pemudik, Polisi Pecah Konsentrasi Massa di Perbatasan Bekasi-Karawang

Adapun penumpang travel gelap yang ditahan itu, kata Asep, langsung dievakuasi ke tempat tujuan mereka dengan kendaraan lain.

"Penumpang dievakuasi melalui kendaraan lain. Kita beri kebijakan dengan tetap memperbolehkan penumpang untuk ke kampung mereka," kata Kasatreskrim Polsek Cilimus itu.

Adapun tujuan dari para penumpang itu, kata Asep, yakni ke daerah Maleber Lebak Baru dan wilayah Ciniru. "Total 12, masing-masing 7 orang dan satu kendaraan travel gelap 5 orang," kata Asep.

Untuk para penumpang, kata Asep, juga dilakukan pemerksaan suhu tubuh, dan itu dipastikan dalam kondisi normal setelah petugas dari BPBD melakukan pemeriksaan.

"Penumpang diperiksa suhu tubuh, rata-rata suhu tubuh normal, kebijakan kami tetap memperbolehkan pulang," ungkap Asep.

Adapun asal mula para penumpang itu berasal dari Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. "Semua yang ditindak mengangkut penumpang dari Cikarang," beber dia.

Baca Juga:  Balada Pemudik: Lolos Penyekatan di Bekasi, Terjaring Razia di Cirebon

Penindakan travel gelap ini, kata dia, sekaligus menegaskan bahwa pihaknya tetap melakukan penindakan terhadap travel-travel gelap yang masih beroperasi meski ada pemberlakuan larangan mudik 2021.

"Dan alhamdulillah membawa hasil tiga unit, yang berhasil kita tindak, sebelumnya ada satu, dan dilakukan penahanan semua," ungkap dia.

Diketahui, sebanyak 2 kendaraan travel gelap yang kedapatan membawa penumpang dari Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terjaring razia di Pos Pengamanan Lebaran 2021 Patung Tugu Ikan Sampora, Kecamatan Culimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Kendaraan travel gelap itu ditangkap setelah petugas dari unsur kepolisian, TNI, Dishub, Satpol PP dan BPBD Kabupaten Kuningan melakukan pemeriksaan satu persatu kendaraan yang masuk wilayah Kuningan pada pukul 21.30 WIB, Senin (10/5/2021).

Pengamatan MNC Portal di Patung Tugu Ikan Sampora, Kecamatan Cilimus, kendaraan yang diberhentikan itu langsung diperiksa. Benar saja, setelah diperiksa travel gelap yang membawa penumpang dengan terdiri 7 penumpang dan satu travel lagi membawa 5.

Sopir travel gelap yang kedapatan membawa penumpang itu langsung diminta berkas-berkas seperti identitas diri, STNK, SIM, surat hasil swab dan bebas Covid-19. Adapun kendaraan yang membawa penumpang itu yakni berplat E 1082 ZW dan E1204 YZ. Saat ini, dua sopir travel gelap itu masih diperiksa oleh petugas.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini