Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Terus Melonjak

Heri Fulistiawan, iNews · Senin 17 Mei 2021 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 340 2411167 arus-balik-pemudik-di-pelabuhan-bakauheni-terus-melonjak-saNGwWyWk9.jpg Petugas melakukan pemeriksaan terhadap pemudik di Pelabuhan Bakauheni (Foto: Heri Fulistiawan)

LAMPUNG - Lonjakan pemudik terus terjadi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, sejak Senin 17 Mei 2021 pagi hingga siang. Tak hanya pada penumpang pejalan kaki, kenaikan juga terjadi pada kendaraan roda dua dan mobil pribadi.

Lonjakan kendaraan asal Pulau Sumatera yang akan menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang diterima dari pihak ASDP, sejak malam kemarin hingga pagi ini, ada 95 orang penumpang pejalan kaki yang menyeberang ke Pulau Jawa.

Meski terbilang kecil, namun dibandingkan hari kemarin, jumlah ini mengalami peningkatan hingga 50 persen lebih. Baca Juga: 2,6 Juta Warga Tinggalkan Jakarta saat Larangan Mudik Lebaran

Tak hanya penumpang pejalan kaki, kenaikan juga terjadi pada penumpang di dalam kendaraan. Selama 12 jam terakhir, tercatat ada 2.168 orang. Sedangkan untuk kendaraan roda dua berjumlah 122 unit, kendaraan pribadi dan pick up berjumlah 371 unit dan kendaraan truk berjumlah 369 unit.

Kenaikan jumlah pemudik juga terlihat dari antrean pada check point yang ada di seaport interdiction Pelabuhan Bakauheni. Banyaknya pemudik yang ingin mendapatkan validasi data agar menyeberang ke Pulau Jawa membuat kerumunan warga tak dapat dihindari, bahkan mereka harus antre hingga sekitar 30 menit.

"Ada surat keterangan bebas atau negatif Covid-I9 dan identitas lain dari penumpang sendiri, ujar pemudik, Haris Pratama.

Baca Juga:  Usai Mudik, Ratusan Warga Muara Angke Bakal Dites Swab dan Diminta Isolasi Mandiri

Diketahui, terdapat 400 ribu orang lebih yang telah melakukan penyeberangan dari Pulau Jawa ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak-Banten, saat arus mudik sebelum Lebaran Idul Fitri yang diperkirakan akan kembali dalam waktu dekat diperkirakan arus balik penumpang di Bakauheni akan terjadi lonjakan mulai esok hingga satu minggu ke depan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini