Polisi Gagalkan Penyelundupan Sabu Lewat Termos

Lukman Hakim, Koran SI · Kamis 20 Mei 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 519 2412936 polisi-gagalkan-penyelundupan-sabu-lewat-termos-41krYGWlR4.jpg Polisi gagalkan upaya penyelundupan sabu lewat termos (Foto : Sindo/Lukman)

SURABAYA – Penyelundup sabu berinisial MK (41) dan SR (42) harus meringkuk dibalik jeruji besi setelah aksinya menyelundupkan sabu digagalkan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kedua warga Barat Dajah Desa Kapong, Kabupaten Pamekasan Madura itu ditnagkap dan resmi jadi tersangka pada Jumat 23 April 2021, sekira pukul 15.30 WIB.

Awalnya, anggota Satresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak menerima informasi dari petugas Bea Cukai bahwa ada pengiriman paket melalui ekspedisi berupa 1 buah kardus paketan. Petugas lantas melakukan penyelidikan dengan cara control delivery terhadap barang paketan tersebut sampai ke tujuan.

Rupanya, penerima barang paketan tersebut adalah MK dan SR. Barang paketan tersebut dikirim dari negara Malaysia dengan pengirimnya berinisial MA (DPO) yang diketahui adalah pemilik barang. Dalam paket itu setelah dibuka terdapat 2 kemasan aluminium foil yang berisi narkotika jenis sabu.

Bungkusan itu dimasukkan ke sebuah termos untuk mengelabui petugas. “Setelah ditimbang, total seluruhnya seberat 898 gram beserta pembungkusnya,” kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Ganis Setyaningrum, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga : Pelaku Perampokan & Pemerkosaan Anak di Bawah Umur Sudah 5 Kali Beraksi

Dia menambahkan, 2 kurir sabu tersebut dijanjikan uang Rp2 juta yang dibagi 2 ketika berhasil mengantarkan paket. Sabu yang dikirim, kata dia, sudah sampai ke Batumarmar Kabupaten Pamekasan Madura. “Pada saat barang paketan tersebut sampai ke alamat tujuan dan diterima, keduanya (MK dan SR) langsung diamankan,” kata Ganis.

Dalam kasus ini, kedua tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) Subsider Pasal 113 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini